Malaysia Bikin Mobil Listrik Nasional, Kolaborasi dengan China

 

Kuala Lumpur, virprom.com – Produsen otomotif asal Malaysia, Proton, resmi meluncurkan mobil listrik bernama eMas 7. 

EMas 7 didasarkan pada Geely Galaxy E5 Tiongkok, yang memulai debutnya di Tiongkok pada Mei 2024. Mobil tersebut menggunakan platform Global Modular Architecture (GMA) yang dikembangkan oleh Geely.

Baca juga: Kecelakaan Bus di Puncak Selidiki Tanggung Jawab Pengemudi

Paultan melaporkan bahwa Proton mengatakan eMas 7 bukanlah mobil facelift; Atau dikatakan hanya rebranding saja. Model ini dikembangkan bersama oleh Geely dan Proton.

 

Sebanyak 230 insinyur dan desainer Proton telah terlibat dalam pengembangan Moni sejak awal. Sebanyak 700.000 jam kerja dan 10 juta kilometer pengujian serta pengujian keandalan hingga 100.000 kilometer dihabiskan.

Sekadar informasi, Arsitektur Modular Global (GMA) Geely mencakup perangkat keras, Platform cerdas yang mengintegrasikan tiga komponen ekosistem dan kecerdasan buatan (AI).

Menariknya, GMA tidak hanya diperuntukkan bagi mobil listrik, namun juga untuk mobil hybrid, Diklaim juga bisa digunakan untuk kendaraan pabrikan seperti plug-in hybrid (PHEV) dan metanol.

Baca Juga: Pasar mobil dalam negeri masih stagnan karena semakin banyak pabrikan yang bermunculan

Proton belum membeberkan spesifikasi lengkap eMas 7, namun untuk E5 di China, mobil tersebut ditenagai motor listrik depan bertenaga 215 hp dan 320 Nm.

Baca Juga: Harga Double Cab Bekas Per Agustus 2024; Hilux mulai dari Rp 115 jutaan

Dinamo ini diklaim mampu melesatkan mobil dari 0-100 km/jam dalam waktu 6,9 detik dan mencapai kecepatan tertinggi 180 km/jam.

Tenaganya menggunakan baterai lithium-iron-phosphate (LFP) yang menggunakan sel “pisau pendek” Aegis yang diproduksi oleh Geely. Baterai baru dapat mencapai 3.500 siklus, setara dengan satu juta kilometer pengisian daya dan berkendara.

Baterai Aegis tersedia untuk jangkauan hingga 530 km, dimulai dengan opsi 49,52 kWh yang memungkinkan hingga 440 km, diikuti dengan unit 60,22 kWh menggunakan uji CLTC. Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top