Kondisi Udara Jelek, Bikin Filter AC Mobil Cepat Kotor

Jakarta, Kompass.com – Kondisi udara yang tercemar debu, asap kendaraan, dan partikel berbahaya lainnya tidak hanya berdampak pada kesehatan manusia, tetapi juga berdampak pada performa kendaraan. Salah satu bagian paling sensitif dalam situasi ini adalah filter AC pada mobil.

Menurut Long Ling, pemilik Dokter Mobil, kualitas udara yang buruk dapat mempercepat proses kontaminasi filter AC secara signifikan.

Untuk menjaga kualitas udara kabin, pemilik kendaraan sebaiknya lebih sering mengganti filter.

Baca Juga: Kajang Innova Xenix Hybrid Kuasai Pasar HEV di Jateng, Ini Detailnya.

Paru Paru kepada virprom.com, Selasa (27/8/2024): “Udara yang buruk atau tercemar akan cepat mengotori filter AC, apalagi jika mobil sering digunakan di kawasan dengan tingkat polusi tinggi.”

Katanya: Filter AC yang terlalu kotor dapat merusak kinerja sistem AC sehingga menyebabkan AC tidak berfungsi dengan baik dan juga merusak bagian lainnya.

Lung Lung menambahkan, penggantian filter AC sebaiknya dilakukan secara rutin, terutama bagi yang sering berkendara di perkotaan.

Padahal, jika pemilik mobil sering berkendara di jalan berdebu atau kawasan dengan tingkat polusi tinggi, filter AC mungkin perlu diganti lebih sering dari jadwal standarnya, ujarnya.

Baca juga: Penyebab Tingginya Emisi Asap

Penggantian filter AC yang kotor dilakukan untuk menjaga kualitas udara kabin dan memperpanjang umur komponen AC lainnya.

Menjaga kebersihan filter AC merupakan langkah sederhana namun penting untuk menjamin kenyamanan dan kesehatan saat berkendara. Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top