Seberapa Efektif Tindakan Operasi untuk Atasi GERD

virprom.com – Penyakit refluks asam lambung atau GERD (gastroesophageal reflux disease) bisa bersifat kronis, menimbulkan masalah dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Secara umum, pengobatan GERD dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu pengobatan non-obat dengan menghindari makanan pemicu asam lambung, mengendalikan stres, dan mengendalikan berat badan.

Sedangkan pengobatan GERD ditujukan untuk mencegah produksi asam lambung. Obat-obatan ini harus dengan resep dokter.

Jika kedua cara ini gagal menyembuhkan GERD, ada pilihan lain yaitu operasi.

Seperti yang dijelaskan oleh Dr. Eko Priatno, dokter spesialis bedah RS Bethsaida Gading Serpong, GERD bisa ditangani dengan operasi laparoskopi yang hanya membutuhkan sayatan kecil.

Laparoskopi adalah pengobatan GERD yang paling efektif pada pasien yang tidak memberikan respons yang baik terhadap pengobatan. “Dengan program ini, kita bisa memperbaiki katup antara lambung dan kerongkongan yang menjadi penyebab utama naiknya asam lambung,” jelasnya.

Baca juga: Beda Penyebab GERD dan Sakit Maag

Banyak orang merasakan penurunan gejala refluks asam secara signifikan setelah operasi.

Operasi laparoskopi sering direkomendasikan untuk GERD:

1. Pasien mempunyai gejala GERD yang parah dan kronis yang tidak membaik dengan pengobatan.

2. Komplikasi GERD: Seperti esofagitis (radang esofagus), penyempitan esofagus, atau esofagus Barrett, dengan risiko kanker esofagus.

3. Pasien yang harus terus menggunakan antasida atau penghambat pompa proton (PPI) untuk mengendalikan gejala, namun tidak mampu memberikan perbaikan yang signifikan.

4. Efek samping obat muncul akibat pengobatan jangka panjang sehingga menurunkan kualitas hidup.

Dr. Eko menambahkan, operasi laparoskopi memiliki banyak keunggulan dibandingkan operasi terbuka, seperti pemulihan lebih cepat, risiko infeksi lebih rendah, dan nyeri pasca operasi lebih sedikit.

Baca juga: Apa Saja Batasan Diet Asam Lambung? Ini daftar 8. Lihat berita terkini dan berita pilihan langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk bergabung dengan Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top