Microsoft “Paksa” Pengguna Windows 11 Update ke Versi Terbaru, Ada Apa?

virprom.com – Raksasa teknologi Microsoft mulai memaksa pengguna sistem operasi (OS) Windows 11 untuk mengupgrade ke versi terbaru, yakni Windows 11 23H2.

Pengumuman ini tidak dipublikasikan. Namun, situs berita teknologi Bleeping Computer ditemukan melalui Pusat Admin Layanan Microsoft 365, yang menurut Microsoft memerlukan Pembaruan Windows untuk menerima pembaruan keamanan penting.

Selain itu, versi Windows 11 sebelumnya, yaitu Windows 11 versi 22H2 Home, Pro, Pro Education, Pro for Workstation, dan edisi SE tidak lagi didukung (End of Support/EOS) mulai 8 Oktober 2024.

Artinya, sistem operasi tidak akan menerima pembaruan keamanan bulanan dan pembaruan baru yang menghadirkan fitur baru dan perbaikan bug.

Hal ini sejalan dengan kebijakan dukungan Microsoft Windows 11. Perusahaan teknologi ini memberikan dukungan peningkatan selama dua tahun untuk beberapa sistem operasinya.

Baca juga: Microsoft Hapus Panel Windows, Ini yang Harus Gantikan

Sementara itu, Windows 11 versi 22H2 Enterprise, Education, dan IoT dipastikan mendapat dukungan selama tiga tahun. Ini berarti Windows 11 Enterprise 22H2, dll. Seharusnya tetap aman dan tidak dipaksa untuk update.

Versi sebelumnya yaitu Windows 11 21H2 Enterprise, Education, dan IoT akan mengakhiri dukungannya pada 8 Oktober 2024.

Belum diketahui kapan tepatnya Microsoft akan “memaksa” pengguna untuk memperbarui sistem operasinya.

“Untuk membantu Anda tetap aman dan produktif, Pembaruan Windows akan secara otomatis memulai pembaruan fitur pada perangkat Windows 11 Home dan Pro yang tidak dikelola oleh departemen TI Anda karena mendekati akhir masa pakainya,” tulis Microsoft dalam Microsoft 365. Tengah.

“Memperbarui Windows 11, versi 23H2 membuat perangkat Anda tetap didukung dan menerima pembaruan bulanan yang penting bagi keamanan dan kesehatan lingkungan,” tambah Microsoft.

Baca Juga: Microsoft Menambah Batas Partisi Hard Drive FAT32 Windows 11, Kini 2TB

Untuk informasi lebih lanjut, pengguna dapat mengetahui tentang tanggal akhir dukungan untuk versi Windows lainnya di halaman Riset Produk dan Layanan Siklus Hidup dan halaman FAQ Siklus Hidup di situs web resmi Microsoft.

Microsoft juga membagikan cara download dan install Windows 11 23H2 dalam bentuk video di link berikut. Caranya sederhana, yaitu buka “Pengaturan”> “Pembaruan Windows” atau ketik “Pembaruan Windows” di bilah pencarian komputer/laptop Anda.

Pengguna dapat mengunjungi tautan berikut untuk mengetahui persyaratan instalasi Windows 11 23H2. Itu diterbitkan pada bulan Oktober tahun lalu

Windows 11 23H2 pertama kali dirilis ke program pengujian fitur baru Windows, Release Preview Insiders, pada September 2023. Saat itu, fitur ini diuji untuk kebutuhan bisnis.

Kemudian, versi Windows resmi dirilis pada akhir Oktober 2023 sebagai paket integrasi.

Februari ini, Microsoft mulai memaksa pengguna yang sistem operasi Windowsnya mendekati tanggal dukungan atau sudah tidak didukung lagi, demikian KompasTekno dari Bleeping Computer, Kamis (12/9/2024).

Peluncuran paksa ini terjadi setelah sistem yang menjalankan Windows 11 21H2 secara otomatis ditingkatkan ke Windows 11 22H2 sebelum dukungan berakhir pada 11 Oktober 2023.

Windows 23H2 menandai berakhirnya fitur Windows seperti WordPad dan Mixed Reality, yang akan dihapus dari Windows 24H2. Windows 24H2 sendiri akan dirilis pada musim gugur ini atau antara bulan September hingga November 2024.

Windows 23H2 juga memperkenalkan Copilot, asisten kecerdasan buatan (AI) yang akan menggantikan Cortana. Ada juga fitur baru berupa alat pencadangan berbasis cloud dan antarmuka pengguna (UI) yang diperbarui untuk File Explorer. Dengarkan berita kami dan pilih langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk bergabung dengan saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top