WhatsApp Siapkan Fitur Sinkronisasi Kontak, Fungsinya?

virprom.com – WhatsApp (WA) dikabarkan sedang menyiapkan fitur baru bernama “sinkronisasi kontak” yang akan memudahkan pengguna dalam mengelola kontak WhatsApp.

Saat ini pengguna WhatsApp bisa menggunakan dua nomor WhatsApp berbeda dalam satu aplikasi WhatsApp mobile. Hal ini berkat fitur Banyak Akun yang dirilis pada akhir tahun 2023.

Karena login di ponsel yang sama, kedua akun WA ini memiliki beberapa kontak yang sama. Nah, dengan fitur sinkronisasi kontak ini, pengguna bahkan bisa mengontrol bagaimana kontak disinkronkan untuk setiap akun.

Dalam skenario pertama, pengguna dapat mengaktifkan sinkronisasi kontak di kedua akun. Nantinya WhatsApp akan secara otomatis menyalin kontak akun WA pertama ke akun WA kedua dan sebaliknya. Jadi nomor WA kedua pengguna tersebut memiliki daftar kontak yang sama.

Baca juga: Cara memindahkan WhatsApp ke HP baru dengan nomor berbeda tanpa kehilangan percakapan

Skenario kedua memungkinkan pengguna menonaktifkan sinkronisasi kontak di akun WA lainnya. Ini berguna bagi pengguna yang ingin memisahkan kontak kerja dan pribadi.

Menurut WABetaInfo, situs yang kerap membocorkan fitur baru WA, WhatsApp juga menyediakan opsi sinkronisasi manual untuk setiap kontak. Hal ini memungkinkan pengguna untuk tetap memilih untuk menyinkronkan kontak tertentu dari akun mereka sesuai kebutuhan tanpa menyinkronkan semua kontak.

Menyinkronkan kontak secara manual juga memastikan bahwa kontak tersebut tersedia di semua perangkat yang terhubung (misalnya ponsel lain, laptop kantor, dll.) sehingga pengguna dapat mengakses kontak tersebut secara permanen.

Selain itu, pengguna dapat membatalkan sinkronisasi kontak yang sebelumnya disinkronkan jika mereka tidak ingin lagi kontak tersebut tersedia di perangkat yang terhubung.

Baca Juga: 2 Cara Mudah Mengembalikan Foto WhatsApp yang Terhapus Tanpa Backup

WABetaInfo mengatakan bahwa kontak yang disinkronkan pengguna dengan akun mereka akan dicadangkan jika mereka memilih untuk mengaktifkan opsi pencadangan kontak baru dari pengaturan privasi.

Dengan cadangan, pengguna dapat dengan mudah memulihkan daftar kontak mereka saat menghubungkan akun mereka ke perangkat baru atau menginstal ulang aplikasi.

Fitur privasi untuk mengelola sinkronisasi kontak sedang dalam pengembangan. Sehingga belum ada informasi kapan fitur ini akan tersebar luas di kalangan pengguna WhatsApp, seperti dihimpun KompasTekno dari WABetaInfo, Jumat (6/9/2024). Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top