PON XXI Aceh-Sumut 2024: Sejarah 4 Emas Beruntun Muswar, Kado Terakhir Sang Juara

virprom.com – Binaragawan asal Sumatera Barat Muswar Ivan berhasil menorehkan sejarah pada Pekan Olahraga Nasional atau PON XXI 2024 di Aceh-Sumut.

Dengan meraih medali emas, Muswar Ivan berhasil mencatatkan quattrick atau empat medali emas berturut-turut di ajang PON.

Kesuksesan Muswari di PON XXI Aceh-Sumut 2024 semakin istimewa karena ia memutuskan menjadikan PON ini sebagai akhir kariernya di dunia binaraga.

Bukan hanya karena usianya yang semakin dekat untuk bertanding, tapi juga karena ia merasa sudah memberikan yang terbaik bagi dirinya, keluarga, dan tentunya Indonesia.

Baca juga: PON XXI 2024 Aceh-Sumut Akan Diramaikan Bintang Proliga untuk Pemulihan Bola Voli

Empat perjalanan emas berturut-turut

Muswar pertama kali menorehkan prestasi pada ajang PON 2012 di Riau dengan meraih medali emas pada kategori 70kg. Kesuksesannya berlanjut di PON Jabar 2016.

Ia kembali meraih medali emas, kali ini di kategori berat 75 kg. Prestasinya di kompetisi PON Papua 2021 pun tak kalah gemilang dengan emas di kelas 75 kg.

Terakhir, pada PON XXI 2024 di Aceh-Sumut, Muswar kembali membuktikan dirinya masih menjadi yang terbaik di kelasnya dengan meraih medali emas keempat sepanjang karir PON-nya.

“Saya merasa bangga, alhamdulillah ini emas saya yang keempat di PON sejak 2012,” kata Muswari yang bersyukur dalam siaran pers di Medan, Rabu (11/9/2024). 

Baca Juga: Beli 5 Emas PON 2024, Gladies Lariesa Garina Siap Go Internasional

Ia tidak hanya membuktikan konsistensinya sebagai seorang atlet, tetapi juga stamina dan dedikasinya yang luar biasa untuk mempertahankan performanya selama lebih dari satu dekade.

Muswar Ivan dikenal sebagai atlet yang sangat disiplin dalam rutinitas latihannya. Ia menjelaskan, binaraga bukanlah olahraga yang harus dilakukan setengah hati.

Dibutuhkan komitmen total mulai dari pola makan, diet ketat, olahraga berat hingga istirahat yang cukup.

Binaraga memang memerlukan kedisiplinan yang tinggi dan modal materi yang banyak. Jika Anda tidak bersungguh-sungguh, Anda tidak akan berhasil. Kunci suksesnya adalah mengonsumsi makanan bergizi, pola makan ketat, olahraga intens, dan istirahat cukup delapan jam. Suatu hari adalah kuncinya, kata Muswari.

Binaragawan kelahiran Dur, Riau ini tidak hanya menjadi panutan bagi para atlet binaraga, namun juga bagi generasi muda yang bercita-cita berprestasi di dunia olahraga.

Baca Juga: Medali PON XXI 2024 Peraih Medali Terbanyak Provinsi Jawa Timur

Menurutnya, tidak ada masakan yang instan. Semuanya butuh kerja, pengorbanan dan waktu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top