Pemerintah Diharap Petik Pelajaran Penting dari Insiden Gangguan PDN

JAKARTA, virprom.com – Kami berharap pemerintah bisa belajar dari krisis tersebut hingga Pusat Data Nasional (PDN) pada Kamis (21/6/2024) menunda penerbangan internasional untuk membangun layanan imigrasi dan lokasi imigrasi.

Pengawas keamanan internet Alphonse Tanujaya mengatakan masalah ini harus mendorong pemerintah untuk mengambil langkah segera dan tepat untuk meningkatkan infrastruktur negara.

Alfons, berbicara kepada virprom.com, Jumat (21/6/2024): “Menghitung insiden memberikan pelatihan dan kursus pemulihan bencana bagi instansi pemerintah.”

Alphonse juga mengatakan, permasalahan tersebut juga harus membuat Kementerian Komunikasi dan Teknologi (Kmenkominfo) PDN lebih memperhatikan perlindungan sumber daya infrastruktur negara, dan memperbaiki prosedur jika permasalahan serupa terjadi di kemudian hari.

“Permasalahan ini hendaknya dijadikan pembelajaran yang kuat dan bermanfaat bagi Cominfo untuk berbuat lebih baik lagi ke depannya,” kata Alphonse.

Baca Juga: Kominfo masih berupaya pulih dari krisis Badan Penerangan Nasional yang menutup layanan imigrasi

Alphonse mengatakan, seharusnya pemerintah memiliki rencana pemulihan multifase yang bisa digunakan dengan cepat sewaktu-waktu jika terjadi gangguan di PDN utama.

“Untuk layanan kritis seperti imigrasi, harus ada cadangan. Jika sistem gagal, penggantinya harus tersedia dalam hitungan menit,” kata Alphonse.

Diberitakan sebelumnya, gangguan sistem di PDN Kemenkominfo berdampak pada layanan imigrasi Indonesia pada Kamis (20/6/2024).

Akibatnya, antrean check-in dan check-in di banyak bandara menjadi mimpi buruk dan banyak yang mengeluhkannya di media sosial.

Sistem PDN tidak hanya digunakan oleh otoritas imigrasi saja. Sistem ini juga digunakan oleh banyak kementerian/lembaga lainnya.

Baca Juga: Sistem Data Bangsa Runtuh, Pakar: Tak Akan Terjadi Kalau Pemimpinnya Peduli

Kami menggunakan sistem resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika, PDN dan Pusat Sistem Elektronik serta peralatan lainnya untuk menyimpan, menyimpan, memproses dan mengambil informasi.

PDN juga menjadi berita utama ketika diberitakan bahwa 34 juta data paspor Indonesia akan diperjualbelikan secara online pada tahun 2023.

Menteri Komunikasi dan Media Budi Ari Setiadi mengatakan kerusakan program PDN berdampak pada banyak layanan pemerintah.

Ia mengatakan Kementerian Komunikasi dan Informatika telah memulihkan layanan tersebut secara bertahap.

Baca Juga: Comminfo Benarkan Pelayanan Imigrasi Akibat Gangguan Sistem Pusat Data Nasional

Saya jamin tim sedang bekerja keras untuk mempercepat pemulihan, kata Budi, Kamis.

Kementerian Komunikasi dan Informatika masih menyelidiki penyebab matinya sistem PDN. Dengarkan berita terbaru di ponsel Anda dan pilih berita. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top