Penyebab Knalpot Motor Mengeluarkan Asap Hitam

SOLO, virprom.com – Knalpot yang mengeluarkan asap hitam bisa jadi pertanda ada masalah serius pada sistem pembakaran sepeda motor.

Fenomena ini seringkali menandakan bahwa mesin mengalami pembakaran tidak sempurna dimana bahan bakar tidak terbakar secara efisien.

Baca Juga: Chery Tiggo 5X Resmi Diluncurkan, Harga Spesial Mulai Rp 239 Jutaan

Bahkan, juga dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar dan mengeluarkan polutan berbahaya yang berdampak negatif terhadap lingkungan.

Edi, Manajer Bengkel Honda AHASS Kalioso Karanganyar mengatakan, penyebab munculnya asap hitam ini karena proses yang tidak ideal.

Sebab, campuran bahan bakar dan udara di ruang bakar tidak ideal atau boros bahan bakar, kata Edi kepada virprom.com, baru-baru ini.

Sisa pembakaran yang berlebih di ruang bakar juga bisa menjadi penyebab hal tersebut, lanjut Eddy.

“Terlalu banyak sisa pembakaran di ruang bakar akibat efek pembusukan bahan bakar atau campuran bahan bakar-udara yang tidak ideal,” kata Eddy.

Manajer bengkel Honda Astra Motor Center Rendra Kusumah mengatakan, asap hitam pada knalpot bisa jadi pertanda adanya masalah.

Baca juga: BMW X5 Ini Hadiah Undian Usai Tur Jakarta – Munich

Asap hitam dikaitkan dengan sistem pembakaran yang tidak sempurna, busa juga disebabkan oleh bahan bakar dan udara yang tidak sempurna, ujarnya.

Rendra mengatakan, asap hitam yang keluar dari pipa knalpot sepeda motor biasanya disebabkan oleh penumpukan kerak akibat ruang bakar yang kotor.

Untuk mengatasi asap hitam tersebut, pemilik disarankan untuk melakukan perawatan rutin atau sesekali dan pemasangan ulang agar pembakaran kembali sempurna. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top