Indonesia Vs Australia, Alasan Kans Garuda Menang di GBK Terbuka

virprom.com – Mantan pelatih Liga 1 Indonesia Javier Roca pun memberikan komentarnya jelang laga Indonesia kontra Australia pada laga kedua Grup C Putaran Ketiga Piala Dunia 2026 Kawasan Asia.

Ia yakin Indonesia berpeluang memenangkan laga yang digelar di kandangnya, Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa malam (10/9/2024).

Hal ini dikatakan bukan tanpa alasan. Ia yakin, dalam beberapa waktu terakhir, Australia kesulitan mencari talenta terbaik untuk tampil di kompetisi Eropa.

Berbeda dengan Australia beberapa tahun lalu yang masih memiliki pemain bintang seperti Mark Viduka, Harry Kewell, Tim Cahil, Mark Bresciano, dan Mark Schwarzer.

Baca juga: Indonesia Vs Australia: Socceroos Trauma di Parkir Bus, Pertahanan 5 STY Disorot

Javier Roca menilai dalam beberapa tahun terakhir, timnas yang berjuluk Socceroos kesulitan mengembangkan pemainnya.

Jadi, peluang Indonesia untuk memberikan kejutan dengan mengalahkan Australia terbuka lebar.

Pelatih yang saat ini berkarier di Australia bersama Gungahlin United ini mengatakan kepada virprom.com: “Australia tidak memiliki pemain bintang seperti Cahil atau Viduka seperti tahun-tahun sebelumnya. Sekarang sulit bagi mereka untuk menemukan bakat asli Australia.” Senin (9/9/2024).

“Entah kenapa, mungkin karena generasi atau kompetisi atau kualitas staf kepelatihan di timnas,” ucapnya.

Baca juga: Indonesia Vs Australia: Gema Dukung Garuda dengan Gunakan Angkutan Umum

“Namun, sudah lama saya tidak melihat pemain asli Australia di klub besar Eropa. Jadi, bisa juga menjadi motivasi Indonesia, saya kira sudah saatnya Indonesia menang,” ujarnya.

Terlebih, dukungan suporter yang diharapkan memenuhi tribun penonton juga akan menjadi modal besar bagi Jay Idzes dkk untuk mengalahkan Australia.

Ia meyakini besarnya dukungan suporter Garuda akan memberikan tekanan kepada lawan saat berada di lapangan.

Apalagi pemain saya di SUGBK ini sangat terkesan akan full. Ini bisa menjadi tekanan besar bagi Australia. Saya berharap timnas Indonesia mendapat dukungan penuh dan hasil terbaik, kata Javier Roca.

Selain itu, kehadiran pemain natural yang kini merumput di luar negeri menjadi kekuatan tersendiri bagi timnas Indonesia.

Lambat laun, kemajuan positif mulai mereka tunjukkan di tangan dingin Shin Tae-yong.

Hal itu terbukti pada laga sebelumnya melawan Arab Saudi.

Mantan pelatih Persik Kedri dan Arema FC ini mengatakan: “Saya melihat Timnas Indonesia lebih kuat dari sebelumnya.” Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top