Mobil Paus Fransiskus Selama di Jakarta Tidak Antipeluru, Paspampres Pastikan Pengawalan Ketat

JAKARTA, virprom.com – Setidaknya dua kendaraan roda empat siap digunakan sebagai sarana mobilisasi Presiden Gereja Katolik, Paus Fransiskus saat berada di Jakarta pada 3-6 September 2024.

Kendaraan tersebut adalah Toyota Kijang Innova Zenix V Hybrid Modellista sebagai moda transportasi jarak jauh pribadi dan mobil Maung MV3 atap terbuka buatan PT Pindad yang digunakan sebagai popmobile.

Menariknya, kedua mobil tersebut tidak antipeluru dan tahan bom alias standar industri. Hal itu diungkapkan Manajer Pemasaran PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy saat dikonfirmasi virprom.com, Kamis (3/9/2024).

Baca juga: Ini Dua Mobil yang Digunakan Paus Fransiskus Saat di Jakarta, Ini Dia Dua Mobil yang Dipakai Paus Fransiskus Saat di Jakarta

Namun sepertinya perlindungannya terhadap Psampers dan pihak berwenang sudah sesuai dengan standar kepala negara, ujarnya.

Panglima Pasukan Pengaman Presiden (Faspampers) Mayjen TNI Achiruddin pun membenarkan, MV3 Maung yang digunakan Paus Fransiskus hanya mengalami modifikasi luar yakni warna putih dengan atap terbuka.

Pada kabin belakang terdapat sofa yang dapat diputar dan kursi lipat di kiri dan kanan. Mobil ini juga dilengkapi dengan tangga untuk memudahkan Paus Fransiskus naik dan turun.

Pemilihan kedua kendaraan ini sesuai dengan permintaan Vatikan yang menginginkan kendaraan sederhana, ringan dan umum.

Meski mobil yang digunakan bukan mobil antipeluru, namun pengamanan Paus selama perjalanan masih ketat dan kurang, ujarnya kepada virprom.com.

Baca Juga: Mobil Paus Fransiskus Pakai Plat Nomor SCV 1, Apa Maksudnya?

Pengamanan yang diberikan Paspampres maksimal sesuai SOP yang berlaku. Semua faktor kami antisipasi dan memberikan pengamanan maksimal pada barang VVIP Paus, lanjutnya.

FYI, Kijang Innova Zenix merupakan mobil keluarga 7 penumpang terpopuler di Indonesia. Mobil tersebut dibekali mesin Dual VVT-i 4 silinder 1.987 cc yang mampu menghasilkan tenaga 171 hp dan torsi 204 Nm.

Sedangkan Maung MV3 merupakan kendaraan taktis yang dirancang untuk operasi medan berat dan pengangkut orang berkapasitas 4 orang. Dimensinya panjang 4,8 meter, lebar 2 meter, dan tinggi 1,8 meter termasuk wheelbase 2,8 meter.

Maung ditenagai mesin diesel 1.900 cc bertenaga 136 hp dan mampu melaju hingga kecepatan 120 km/jam dengan jangkauan hingga 650 km.

Dengarkan berita terkini dan berita pilihan langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top