Begini Cara Merawat Sabuk Baja CVT Agar Tidak Putus

SOLO, virprom.com – Sabuk baja pada mobil matic bertransmisi variabel kontinu (CVT) merupakan komponen penting yang mempengaruhi kinerja transmisi kendaraan.

Fungsi utama sabuk baja adalah untuk menyalurkan tenaga dengan lancar dari mesin ke roda tanpa pergantian gigi secara presisi, seperti pada transmisi otomatis konvensional.

Namun sabuk baja pada kendaraan CVT bisa putus jika tidak dirawat atau digunakan dengan baik.

Ivan, Pemilik Iwan Motor Honda Auto Clinic, mengatakan salah satu cara menjaga sabuk baja CVT tetap kuat adalah dengan rutin mengganti oli dan membersihkan komponen.

Baca juga: Posisi tuas transmisi matic yang salah saat macet bisa mengakibatkan panas berlebih

“Untuk menjaga kekuatan steel belt CVT, kami rutin melakukan penggantian oli setiap 20.000 kilometer dan menguras oli serta mengganti filter setiap 40.000 kilometer,” kata Ivan kepada virprom.com, Kamis (29/8/2024).

Dengan menjaga kebersihan dan kualitas oli dan filter, diharapkan sistem CVT dapat berjalan lancar dan sabuk baja mencapai pelumasan yang optimal.

Perawatan ini juga dapat meminimalisir keausan dan kemungkinan kerusakan pada sabuk baja CVT sehingga meningkatkan ketahanan dan performa kendaraan.

Baca Juga: Dharma Polymetal Luncurkan Sepeda Motor Roda 3, Ada yang Listrik

Sebelumnya, Ivan juga mengatakan, rusaknya sabuk CVT kemungkinan dipicu oleh jatuhnya beberapa pin dari rakitan sabuk baja.

Gejala pertama adalah tenaga mesin tidak maksimal. Kemudian perpindahan akselerasi juga tertunda. Selain itu, mungkin ada suara decitan, ujarnya.

Dengan demikian, sabuk baja CVT diharapkan tidak mengalami kerusakan perbaikan yang memakan biaya besar dengan mengikuti prosedur perawatan. Dengarkan berita terbaru kami dan berita pilihan langsung di perangkat seluler Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top