Apa yang Harus Dikonsumsi Agar Fit Sebelum Maraton? Ini Kata Ahli

virprom.com- Olahraga lari jarak jauh atau marathon sedang digemari banyak orang. Sebelum mengikuti lari maraton, seseorang harus mempersiapkan kondisi fisiknya agar tetap prima.

Dokter Spesialis Gizi Klinik Universitas Indonesia Dr. Pande Putu Agus Mahendra, M.Gizi, Sp.GK selaku anggota tim monitoring dan evaluasi medis dan gizi Kementerian Pemuda dan Olahraga berpesan kepada masyarakat yang ingin mengikuti lari maraton agar mengonsumsi makanan bergizi. makanan sesuai dengan pola makan sehari-hari. kebutuhan.

“Makanan yang sebaiknya dikonsumsi adalah makanan seimbang sesuai kebutuhan kalori harian, dengan karbohidrat sebagai prioritas,” Putu yang juga menjabat sebagai Kepala Pengendalian Doping Internasional dan Pengendali Anti-Doping FIFA. seperti yang ditulis Antara.

Baca juga: Mengapa rotasi sepatu lari itu penting? Cara efektif untuk mencegah cedera

Konsumsi pangan sumber karbohidrat, kata Putu, juga harus diimbangi dengan konsumsi pangan sumber protein hewani seperti ikan, telur, atau tempe.

Menurutnya, dianjurkan makan besar minimal 6 jam sebelum lari dan mengonsumsi pisang atau kurma 1 jam sebelum lari sebagai sumber energi pertama.

Ia menambahkan, makanan bergizi yang dikonsumsi sebelum lari maraton harus mudah diserap tubuh.

“Tidak ada satu makanan atau makanan pun yang terbukti memberikan hasil maksimal. Jadi yang diprioritaskan adalah memperbanyak konsumsi makanan tersebut,” kata Putu yang juga penasihat departemen anti doping Federasi Pencak Silat Internasional. .

Baca juga: Lompat Tali atau Lari, Mana yang Lebih Sehat?

Ia mengingatkan bagi yang hendak mengikuti lari maraton, agar menghindari penggunaan produk dan suplemen yang tidak jelas kandungannya, serta makanan dengan kandungan lemak tinggi dan makanan mengandung serat tidak larut yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

Selain itu, penting juga untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi air mineral atau larutan elektrolit agar tubuh tetap terhidrasi saat berlari. Air putih dapat dikonsumsi dalam jumlah sedikit namun teratur untuk mencegah dehidrasi.

Ia berpesan kepada masyarakat yang ingin mengikuti lari maraton agar berkonsultasi dengan dokter spesialis gizi di klinik olahraga untuk mendapatkan saran pemenuhan kebutuhan nutrisi yang tepat.

“Kenapa bisa begitu, karena banyak kasus yang menimpa saya setelah lari dari pelari, bahkan ada yang berakhir fatal,” ujarnya.

Siapapun yang ingin mengikuti lari maraton, lanjutnya, juga harus istirahat yang cukup dan memperhatikan bagian tubuh yang rawan cedera. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top