Mobil Transmisi Matik Bekas Ada Bunyi Jedug, Apa Layak Dibeli?

JAKARTA, virprom.com – Membeli mobil bekas tetap menjadi solusi hemat bagi konsumen dengan dana terbatas, namun juga harus mewaspadai risiko kerusakan.

Salah satu masalah yang sering ditemui pada mobil bekas, khususnya transmisi otomatis, adalah bunyi klik saat perpindahan gigi. Jika terdeteksi, itu menandakan kerusakan pada transmisi, komponen suspensi, atau mesin.

Lantas apakah mobil matic bekas yang mengeluarkan bunyi klik masih layak dibeli?

Baca juga: Tips Naik Bus Transjakarta Hanya Bayar Rp 2000

Muchlis, pemilik bengkel spesialis Toyota Mitsubishi, Garasi Auto Service, mengatakan jika ada tanda-tanda sebaiknya tidak membeli.

“Kalau ada gejala terpeleset dan jeduga sebaiknya tidak dibeli,” kata Muchlis kepada virprom.com, Senin (10/6/2024).

Muchlis juga mengatakan rata-rata biaya perbaikan transmisi matic jedug berkisar antara Rp4 juta hingga Rp9 juta.

Hermas Efendi Prabowo, pemilik bengkel spesialis Warner Matic Matic, mengatakan semua kondisi layak dibeli jika sudah dipertimbangkan matang-matang.

Baca juga: Sebaiknya periksa pengoperasian transmisi manual saat membeli mobil bekas

“Semuanya layak dibeli, baik rusak ringan, sedang, maupun berat. Tentu saja, harga pembelian sudah memperhitungkan biaya perbaikan masalah ini. “Karena setelah perbaikan selesai, semuanya akan kembali normal,” kata Hermas.

Hermas juga menjelaskan, biaya perbaikan transmisi matic tergantung pada mobilnya.

“Tergantung jenis mobil, jenis matic, tahun produksi, teknologi masing-masing mobil dan tingkat kerusakan. “Ini baru bisa dihitung setelah dilakukan analisis,” kata Hermas. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top