Kenapa WiFi Tidak Bisa Terhubung di HP Android dan iPhone? Begini Cara Mengatasinya

virprom.com – Masalah koneksi WiFi di ponsel Android atau iPhone bisa sangat membuat frustasi, apalagi jika Anda membutuhkan koneksi internet yang stabil.

Masalah ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor mulai dari pengaturan jaringan yang salah, sinyal lemah hingga masalah software ponsel. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui akar penyebab permasalahan ini agar dapat menemukan solusi yang tepat.

Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan memeriksa pengaturan jaringan Anda dan mengatur ulang perangkat Anda. Bagaimana Anda bisa mengatasi ini? Kesimpulannya, berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan jika WiFi tidak bisa terhubung ke ponsel Android atau iPhone Anda.

Baca juga: 2 Cara Mengetahui Siapa yang Menggunakan WiFi Anda, Periksa Pengaturan Ponsel Anda

Cara termudah adalah dengan memeriksa pengaturan ponsel Anda. Jika ponsel Anda tidak dapat terhubung ke Wi-Fi, langkah pertama adalah memeriksa pengaturan dasar Anda. Pastikan Wi-Fi diaktifkan di perangkat Anda.

Pastikan juga mode pesawat tidak aktif karena akan menghalangi perangkat Anda terhubung ke internet. Jika pengaturan dasar sudah benar, langkah selanjutnya adalah memverifikasi bahwa Anda terhubung ke router yang benar. Setel ulang pengaturan jaringan

Menyetel ulang pengaturan jaringan dapat membantu memperbaiki telepon tidak terhubung ke masalah Wi-Fi. Saat Anda menyetel ulang setelan jaringan, semua konfigurasi jaringan, termasuk Wi-Fi, data seluler, dan Bluetooth, akan disetel ulang ke setelan defaultnya.

Hal ini dapat membantu memecahkan masalah yang disebabkan oleh konfigurasi yang salah atau pengaturan yang bertentangan. Berikut cara mengatur ulang pengaturan jaringan di iPhone. Buka “Pengaturan” Pilih “Umum” Pilih “Reset Pengaturan Jaringan” Masukkan kode sandi iPhone Anda jika dipilih.

Bluetooth terkadang dapat mengganggu koneksi Wi-Fi, terutama karena keduanya menggunakan frekuensi radio 2,4GHz untuk mengirimkan sinyal.

Akibatnya, Anda mungkin mengganggu jaringan Wi-Fi saat Bluetooth diaktifkan. Dalam beberapa kasus, Bluetooth dapat kehilangan koneksi Internet sepenuhnya, dan dalam kasus lain, kecepatan Internet bisa sangat lambat.

Untuk menghindari masalah tersebut, coba matikan Bluetooth saat Anda tidak berada di jaringan Wi-Fi yang menggunakan frekuensi 5 GHz dan tidak mengganggu sinyal Bluetooth. Nyalakan router dan perangkat

Memperbarui adalah metode sederhana yang seringkali dapat memecahkan banyak masalah teknologi. Mulailah dengan mematikan router: cabut dari stopkontak dan tunggu beberapa menit. Setelah itu, sambungkan kembali dan tunggu satu atau dua menit hingga router siap digunakan. Restart ponsel, tablet, laptop atau perangkat lain yang Anda gunakan sambil menunggu. Beralih ke mode pesawat

Jika Anda melihat ikon Wi-Fi berwarna abu-abu di pengaturan iPhone atau Android, Mode Pesawat mungkin diaktifkan. Buka pengaturan cepat di perangkat Anda dan matikan mode pesawat.

Jika mode pesawat dimatikan, coba nyalakan sebentar lalu matikan lagi. Setelah itu, periksa apakah koneksi Wi-Fi normal kembali.

Itulah beberapa penyebab dan cara kenapa tidak bisa konek WiFi di HP Android atau iPhone. semoga beruntung

Baca juga: 10 Cara Memperkuat Sinyal WiFi di Rumah

Terima berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Bergabunglah dengan Saluran WhatsApp CompassTechno.

Untuk ini klik tautan https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi WhatsApp di ponsel Anda.

  Terima pilihan berita dan pembaruan di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top