Blinken Tegaskan AS Tolak Pendudukan Jangka Panjang Israel di Gaza

DOHA, virprom.com – Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken pada Selasa (20 Agustus 2024) menegaskan bahwa Amerika Serikat menolak pendudukan jangka panjang Israel di Jalur Gaza.

Hal itu ia sampaikan saat wartawan diminta menanggapi pernyataan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengenai rencana Israel mempertahankan Koridor Philadelphia di perbatasan Gaza-Mesir.

“Sejak awal konflik, sudah sangat jelas bahwa Amerika Serikat tidak menerima pendudukan jangka panjang Israel di Gaza,” jelas Blinken di bandara Doha saat bersiap untuk terbang kembali ke Washington, seperti dilansir AFP. .

Baca juga: Blinken: Israel Terima Usulan Gaza dan Desak Hamas Lakukan Hal Sama

Blinken diketahui berada di Qatar untuk mencoba mengamankan perjanjian gencatan senjata di Gaza.

Sebelum perjalanannya ke Qatar, ia sudah mengunjungi Israel dan Mesir.

Blinken juga mengatakan bahwa dalam negosiasi baru-baru ini dengan Israel, garis waktu dan lokasi penarikan IDF (militer Israel) dari Gaza telah dibuat dengan sangat jelas, dan Israel telah menerimanya.

Israel diketahui berhasil merebut Jalur Gaza pada tahun 1967, namun kemudian menarik pasukan dan pemukimnya pada tahun 2005. 

Namun, Israel tetap mempertahankan blokade dan pengepungan yang menghancurkan wilayah Palestina selama perang yang sedang berlangsung melawan Hamas.

Blinken menambahkan bahwa waktu hampir habis untuk mengamankan perjanjian gencatan senjata di Gaza.

“Waktu sangat penting untuk mencapai kesepakatan gencatan senjata antara Israel dan Hamas. “Hal ini harus diselesaikan, dan harus diselesaikan dalam beberapa hari mendatang, dan kami akan melakukan segala yang kami bisa untuk mencapai hal ini,” katanya saat mengakhiri tur Timur Tengahnya.

Baca juga: Blinken: Pembicaraan ini mungkin merupakan kesempatan terakhir untuk mengakhiri perang di Gaza

Sebelumnya, pada Senin (20/8/2024) di Tel Aviv, ia mengatakan bahwa Israel telah menerima proposal dari Amerika Serikat untuk menutup kesenjangan antara kedua belah pihak dan meminta Hamas melakukan hal yang sama.

  Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top