Isi Radiator Pakai Air Biasa Bisa Mengakibatkan Karat

SOLO, virprom.com – Mengisi kompor dengan air biasa bisa menjadi solusi praktis dan ekonomis. Namun tindakan tersebut berdampak serius pada kinerja dan umur sistem pendingin mobil.

Penggunaan air biasa sebagai pengganti cairan pendingin dapat menimbulkan masalah karena tidak mengandung bahan tambahan khusus yang menyebabkan karat dan penurunan efisiensi sistem pendingin.

Ivan, pemilik Klinik Mobil Ivan Motor Honda, Solo, mengatakan penggunaan air biasa untuk cairan radiator bisa menyebabkan karat.

Baca juga: Tol Sigli-Banda Aceh Akan Bertambah

Tidak boleh menggunakan air biasa, selain menimbulkan karat yang menyebabkan mesin mati, sistem pendingin juga tidak bekerja maksimal, kata Ivan kepada virprom.com, baru-baru ini.

Ivan menjelaskan, pendinginan kurang optimal ini terjadi karena air normal tidak memiliki titik didih cairan pendingin.

Hal serupa juga diungkapkan Hardy Vibovo, pemilik Aha Motor Yogyakarta, yang mengatakan penggunaan air mineral sebagai pengganti cairan pendingin dapat menyebabkan kerusakan.

Baca juga: Kimco CV-R5 Tawarkan Konsep Skuter Adventure yang Nyentrik

Perlu diingat air mengandung resin karena diambil dari dalam tanah sehingga dapat mengendap dan menimbulkan korosi pada beberapa bagian mesin seperti besi blok mesin, pompa air, pipa, dan sejenisnya.

“Jika bagian besi terkena korosi maka air akan terkontaminasi, efeknya akan semakin banyak zat terlarut pada air radiator, ditambah lagi tidak adanya bahan anti karat yang akan mempercepat penurunan kualitas.” pendingin mesin, “kata Hardy.

Jika komponen radiator mengalami korosi maka dapat terjadi kebocoran yang menyebabkan cairan pendingin mesin lebih cepat terkuras. Dengarkan berita dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://vvv.vhatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top