Apa yang Tidak Boleh Dimakan oleh Penderita Diabetes? Ini Daftarnya…

virprom.com – Penderita diabetes harus menghindari jenis makanan tertentu untuk menghindari gula darah tinggi. Lantas, apa saja yang tidak boleh dimakan oleh penderita diabetes?

Ternyata banyak makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita diabetes, seperti makanan manis, makanan berlemak, dan makanan asin.

Selain menghindari banyak jenis makanan, penderita diabetes disarankan untuk memperbanyak konsumsi makanan sehat, seperti sayur mayur, buah-buahan, dan biji-bijian, untuk menjaga kadar gula darah.

Untuk lebih jelasnya, temukan beberapa makanan yang dilarang bagi penderita diabetes dan cara menurunkan gula darah tinggi sendiri.

Baca juga: Buah Apa yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Diabetes? Berikut daftar 5… Apa yang tidak boleh dimakan oleh penderita diabetes?

Makanan tertentu tidak boleh dimakan oleh penderita diabetes, termasuk makanan manis, berlemak, dan tinggi garam.

Dikutip dari P2PTM Kementerian Kesehatan, Minggu (14/11/2021) ada banyak makanan diabetes yang harus dibatasi atau dihindari sama sekali, seperti: makanan yang mengandung gula sederhana, seperti: gula pasir, gula jawa atau sirup gula merah, minuman ringan, atau minuman siap saji Permen buah jak, atau buah yang diawetkan dengan gula Susu manis, atau krim kental manis Jelly, agar-agar atau puding manis Es krim Kue manis Dodol coklat, atau Lempok Makanan berlemak, seperti: Gorengan, termasuk kentang goreng dan gorengan ayam Makanan cepat saji, seperti cola dan burger Makanan asin, seperti: Ikan asin Telur asin Makanan ringan Makanan kaleng, atau pengawet.

Penderita diabetes dapat menggunakan zat lain untuk menggantikan gula, seperti fruktosa dan sorbitol. Namun jumlahnya masih perlu dibatasi.

Selain itu, mengetahui cara menggoreng makanan, atau cara memasak makanan dengan banyak minyak, juga umum dilakukan jika Anda menderita diabetes.

Cara memasak yang disarankan adalah dengan merebusnya dan meminumnya.

Beberapa jenis makanan juga bisa diolah dengan sedikit minyak, seperti menyemprotkan sedikit minyak, atau cooking spray, ke dalam wajan dan menambahkan sedikit air agar tidak lengket.

Baca juga: 6 Makanan Pengganti Nasi untuk Penderita Diabetes, Termasuk Kubis Cara Menurunkan Gula Darah

Kadar gula darah bisa meningkat dan jika terjadi dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius, termasuk kerusakan saraf.

Kadar gula dalam tubuh dapat diturunkan secara alami dengan menerapkan pola hidup sehat dan mengontrol asupan makanan.

Menurut laporan NHS, ada banyak cara untuk menurunkan gula darah, seperti: Minum obat diabetes secara rutin sesuai dosis yang ditentukan dokter, dan hindari mengubah dosis obat tanpa konsultasi terlebih dahulu. Stres, seperti melakukan hobi yang Anda sukai, atau setidaknya 150 menit seminggu jika Anda kelebihan berat badan.

Diabetes harus dikontrol dengan baik agar tidak menimbulkan masalah kesehatan lain yang lebih serius.

Penderita diabetes disarankan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin dan memeriksakan diri ke dokter untuk memahami apa saja yang tidak boleh dimakan oleh penderita diabetes.

Selain itu, Anda juga disarankan untuk tidak mengonsumsi obat-obatan yang belum terbukti secara medis, karena berdampak buruk bagi kesehatan Anda.

Baca Juga: Bolehkah Penderita Diabetes Makan Pepaya? Begini penjelasannya… Dengarkan berita dan pilihan terkini kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk bergabung dengan Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top