Maarten Paes Tak Sabar Dengar “Indonesia Raya” dan Tanah Airku di GBK

virprom.com – Penjaga gawang Indonesia Maarten Paes sudah tidak sabar untuk melakoni laga kandang debutnya pada kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. 

Hal itu disampaikan Paez saat media briefing di Stadion Madhya jelang dimulainya latihan timnas, Minggu (08/09/2024).

Saya sudah melihat beberapa cuplikannya, saya pernah melihat GBK. Saya tidak sabar menunggu lagu kebangsaan diputar di sana,” kata Paes.

“Saya kira ada lagu Tanah Airku setelah pertandingan. Sesuatu yang sangat istimewa, tidak sabar untuk merasakan energi yang menggerakkan kami karena kami sudah merasakannya di Arab Saudi, suporter tandangnya luar biasa,” imbuhnya.

Penjaga gawang yang bermain untuk FC Dallas ini menjalani debutnya untuk timnas Indonesia pada laga pembuka Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Arab Saudi. 

Baca Juga: Timnas Indonesia Bertahan Solid, Australia Mabuk Banget

Sebelumnya diberitakan, Paes baru bisa didaftarkan dan dimainkan pada laga Indonesia kontra Australia pada Selasa (9/10/2024).

Lalu kabar gembira datang sehari jelang laga melawan Arab Saudi pada Rabu (4/9/2024).

Penjaga gawang berusia 26 tahun itu dipastikan bisa membela tim Garuda pada laga pertama melawan Arab Saudi, Kamis (5/9/2024) di King Abdullah Sports City. 

Ia langsung mendapat kepercayaan dari pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong (STY) untuk menjadi starter di bawah mistar gawang.

Kepercayaan yang diberikan STY telah dilunasi sepenuhnya oleh Paes. Ia melakukan beberapa penyelamatan kunci agar Indonesia tidak kalah.

Salah satu penyelamatan gemilang Paez terjadi saat ia menggagalkan penalti Salem Al-Dawsari di babak kedua. Timnas Indonesia bisa pulang kampung setelah bermain imbang 1:1 melawan Arab Saudi.

Baca juga: Kesan Jay Ides terhadap Kapten Timnas Indonesia

Jelang laga melawan Australia pada Selasa (9/10/2024) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Paes membeberkan proses adaptasinya selama berada di Indonesia.

Diakuinya, melakukan penyesuaian di Indonesia lebih mudah dibandingkan saat berada di Arab Saudi.

“Menurutku itu tidak seburuk itu. Saya merasa sangat panas dan lembab di Arab Saudi dan sejauh ini sejuk di sini. 

“Bagus sekali, sekarang saya baru pertama kali latihan, tapi menurut saya bermain di Arab Saudi lebih sulit dibandingkan di sini,” kata Paez.

Indonesia tergabung di Grup C bersama Jepang, Arab Saudi, Australia, China, dan Bahrain. 

Indonesia terakhir kali menghadapi Australia di level senior pada Piala Asia 2023 pada Januari 2024. Saat itu, Indonesia kalah 0:4 dari Australia di babak 16 besar. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top