“Reshuffle” Kabinet Dianggap Untungkan Gerindra dan Pelicin Transisi Kekuasaan

JAKARTA, virprom.com – Perombakan kabinet yang dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai memberikan dorongan politik bagi Partai Gerindra dan memudahkan transisi pemerintahan.

Tentu saja (rekonstruksi) ini untuk memberikan dorongan politik kepada sejumlah pihak, kata peneliti indikator politik Indonesia Bawono Kumoro saat dihubungi virprom.com. Senin (19.08.2024).

Menurut Bavono, dalam beberapa kali pergantian kabinet, selalu ada kader Partai Gerindra yang masuk kabinet.

Baik itu menteri atau wakil menteri di kabinet Presiden Joko Widodo – Wakil Presiden Maruf Amin, kata Bawono.

Baca juga: Pengganti Jasona, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Supratman Andi Agtas Bantah Perubahan Bernuansa Politik

Bawono juga mengatakan, rekonstruksi merupakan jembatan transisi pemerintahan selanjutnya yang dipimpin oleh Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

“Saya pikir ini adalah fenomena alam dan rekonstruksi adalah cara untuk memudahkan transisi,” kata Bavono.

Bawono juga menilai, perombakan kabinet dilakukan untuk memperbarui kerja beberapa menteri yang dinilai sudah diusung jelang berakhirnya pemerintahan Presiden Jokowi.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Jokowi telah menunjuk beberapa orang untuk mengisi beberapa posisi kabinet. Pelantikan digelar di Jakarta, di Istana Presiden, Senin (19/8/2024).

Baca juga: Perubahan Terbaru Jokowi, Ini Daftar Menteri dan Kepala Badan yang Dilantik

Mereka adalah Politikus Partai Gerindra Suprathman Andi Atgas yang diangkat menjadi Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), menggantikan Yasona Laoli, Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), menggantikan Arifin Tasrif, Rossan Roslan sebagai Menteri Investasi/Kepala Badan Investasi. . Badan Koordinasi (BKPM) menggantikan Bahlil.

Kemudian, Angga Raka Prabowo sebagai Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika, Dosen Institut Pertanian Bogor (IPB) Dadan Hindayana sebagai Kepala Badan Pangan Nasional, Hasan Nasbi sebagai Kepala Badan Komunikasi Kepresidenan dan Taruna Ikari sebagai Kepala Badan Pangan dan Pangan. Badan Pengawasan Obat (BPOM). Dengarkan berita dan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top