Refleksi Hari Pancasila, Mahfud Harap Semua Pemimpin Tiru Bung Karno yang Mau Berkorban untuk Rakyat

INDE, virprom.com – Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) Profesor Mahfud MD memaknai Hari Lahir (Harlah) Pancasila pada 1 Juni mendatang, memberikan pesan kepada seluruh pemimpin agar ingat berkorban untuk itu. orang-orang

Pengorbanan seorang pemimpin, menurut Mahfud, tercermin pada sosok presiden pertama RI sekaligus proklamator kemerdekaan, Sukarno atau Bung Karno.

Mahfood mengatakan Bung Karno tak mau lari dari pengasingannya di Ende, Nusa Tenggara Timur.

“Saat Bung Karno mau menyelundupkan, dia tidak mau lari dari sini. Karena ingin bersama yang menderita, berkorban bersama,” kata Mahfud saat ditemui di Lapangan Pancasila, Ende, NTT, Sabtu (1/6/2024) usai mengikuti upacara Harlah Pancasila.

Baca Juga: Megawati Ungkap Alasan Menghormati Harla Pankasila di Ende

Mahfoud mengatakan, seorang pemimpin yang rela mengorbankan dirinya dikhianati atas amanah yang diberikan Ketua Pengurus Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri.

Megawati, jelas Mahfoud, mencontohkan perjuangan Bung Karno saat diasingkan ke India pada 1934-1938.

“Pancasila adalah pemersatu bangsa, sehingga apapun kegiatannya harus menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa,” ujarnya.

Filosofi ini disampaikan dalam pesan Ibu Megawati karena dari perjalanan Bung Karno yang menyatakan: ‘Saya ingin berkorban, bukan hanya mereka yang mau berkorban, apalagi yang dikorbankan,’” lanjut mantan kepala suku di sana. Hakim Mahkamah Konstitusi.

Baca juga: Simbol Kedaulatan Energi, Jokowi Tandai Lahirnya Pancasila di Blok Rokan, Dumai.

Mantan calon wakil presiden pada Pilpres 2024 ini menambahkan, seluruh pemimpin harus memiliki sikap siap berkorban, baik di tingkat pemerintahan pusat maupun daerah.

“Seorang pemimpin seluruh PNS harus berani berkorban untuk Indonesia. Jangan sampai ada kesan ini yang dikorbankan rakyat, pemimpinnya tidak mau berkorban,” tegas eks Menteri Koordinator Bidang Politik ini. , Hukum dan Keamanan.

Sekadar informasi, saat menghadiri upacara peletakan bendera Harlah Pancasila di Ende, Mahfud juga didampingi mantan cawapres pada Pilpres 2024 yakni Ganjar Pranowo.

Hadir pula sejumlah elite PDI Perjuangan seperti Sekjen PDI Perjuangan Hasto Cristianto, Ketua Kehormatan PDI Perjuangan Komarudin Vatubun, politikus Andreas Hugo Parreira, dan Andy Vijayanto. Dengarkan berita terkini dan pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top