Hamas Sebut Kesepakatan Gencatan Senjata di Gaza Kini Tergantung Israel

KYIV, virprom.com – Hamas mengumumkan pada Jumat pagi (10/5/2024) bahwa gencatan senjata di Jalur Gaza kini bergantung pada Israel.

Hamas mengumumkan bahwa delegasi Mesir untuk perundingan gencatan senjata Gaza di Kairo telah meninggalkan kota tersebut untuk melakukan perjalanan ke Qatar.

“Delegasi perundingan meninggalkan Kairo menuju Doha. Faktanya, penjajah (Israel) menolak usulan para mediator dan menyatakan keberatannya terhadap sejumlah isu utama,” kata Hamas dalam sebuah pernyataan yang ditujukan kepada kelompok Palestina lainnya.

Baca juga: Hamas: Serangan Israel ke Rafah Akan Ganggu Perundingan Gencatan Senjata

Hamas mengatakan pihaknya mematuhi gencatan senjata yang diusulkan Mesir dan Qatar.

“Dengan demikian, kelompok tersebut kini sepenuhnya berada di tangan penjajah (Israel),” jelasnya.

Outlet media yang berafiliasi dengan pemerintah Mesir, Al-Qahera News, melaporkan pada Kamis (5/9/2024) bahwa perwakilan dari kedua kubu meninggalkan Kairo setelah dua hari pembicaraan yang bertujuan untuk menyelesaikan gencatan senjata dalam perang tujuh bulan di Jalur Gaza. .

Mengutip informasi dari pejabat senior Mesir, Al-Kahera News melaporkan bahwa upaya Mesir dan mediator lainnya, yaitu Qatar dan Amerika, terus mendekatkan kedua belah pihak.

Awal pekan ini, Hamas dilaporkan menerima tawaran gencatan senjata dari mediator.

Menurut organisasi tersebut, perjanjian tersebut mencakup penarikan pasukan Israel dari Gaza, kembalinya warga Palestina yang menjadi pengungsi akibat perang dan pertukaran sandera yang ditahan oleh militan dengan tahanan Palestina yang ditahan di Israel, serta “gencatan senjata permanen.” “

Baca juga: Komandan Angkatan Laut Hamas Tewas dalam Serangan Udara Israel

Namun, kantor Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyebut usulan tersebut “jauh dari tuntutan inti Israel.” Namun, menurutnya, pemerintah Israel, seperti sebelumnya, akan mengirimkan negosiator ke Kairo.

Israel telah lama menolak gagasan gencatan senjata permanen dan bersikeras mencapai tujuan menghancurkan Hamas.

Dengarkan berita terkini dan pilihan kami langsung dari ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top