Pasang PPF di Bodi Motor, Ada Plus Minusnya

JAKARTA, virprom.com – Paint Protection Film (PPF) merupakan lapisan transparan yang dapat ditempel pada bodi kendaraan. Awalnya penerapan PPF hanya dilakukan untuk mobil premium, namun kini ada opsi untuk sepeda motor.

Teknologi yang ditawarkan PPF bertujuan untuk melindungi cat kendaraan dari kerusakan. Selain itu, ada beberapa merek yang menawarkan kemampuan self-healing atau menghilangkan goresan halus agar sepeda tetap terlihat mulus.

Namun pemasangannya pada sepeda motor memiliki kekurangan. Disebutkan Noviandy Hermanto, pemilik bengkel perawatan sepeda motor SCT X4 di Cikeas, memasang PPF pada sepeda motor masih kurang layak, apalagi dari segi harga.

Baca Juga: Teknik PPF untuk Melindungi Body Sepeda Motor

“PPFnya bagus tapi mahal. Harganya pun tidak main-main, kalau PCX bodinya bisa mencapai Rp 4 jutaan. Kalau bandingkan, catnya Rp 4 jutaan saja sudah premium, lebih dari cukup,” ujar pria yang akrab disapa Andi itu. menelepon Kompas com belum lama ini.

Apalagi bodi motornya memiliki lekukan yang ekstrim. Artinya kalau pemasangan PPF tidak boleh hanya satu stiker saja, harus dipotong dan disambung, sehingga ada resiko lepas atau bahkan berdebu.

“Kalau badannya bengkok ekstrim, harus dipotong. Dipanaskan dan diregangkan, ada yang maksimal karena kalau terlalu diregangkan akan menipis dan sobek,” kata Andi.

Baca juga: Marc Márquez berjuang keras di MotoGP San Marino 2024

Misalnya saja tangki Kawasaki W175 yang bentuknya sederhana, jika ingin terlihat rapi harus memiliki dua bagian yaitu bagian atas dan bawah. Jika sambungan ini lama kelamaan terkena panas, sambungan tersebut akan menyusut dan mengumpulkan debu.

Jadi bagi anda yang ingin memasang PPF pada body motor anda bisa mempertimbangkannya kembali. Dibandingkan dengan harga, bisa dibandingkan dengan beberapa pengecatan ulang.

“Hal yang baik tentang cat adalah dapat dipoles. Bisa juga dibuat PPF, tapi hasilnya kurang ideal karena bahannya mirip plastik,” kata Andi. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top