Pimpin Rapat Terakhir dengan Kemenlu, Sinyal Sugiono Jadi Menlu Prabowo?

JAKARTA, virprom.com – Wakil Ketua Komisi I DPR RI Sugiono memimpin rapat kerja terakhir Kabinet Indonesia Maju dengan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu).

Saat itu, Sugiono juga terlihat berbincang dengan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi.

Sugiono jarang memimpin rapat Komisi I DPR RI.

Lantas apakah ini pertanda Sugiono akan menjadi Menteri Luar Negeri pada pemerintahan berikutnya yang dipimpin Presiden terpilih Prabowo Subianto?

“Tidak, sederhana sekali, kemarin saya bertukar tempat dengan Pak Riefky (Komisi I DPR RI Teuku Riefky Harsya) karena seharusnya saya memimpin sidang tapi tidak bisa,” kata Sugiono di kompleks parlemen Senayan. Jakarta, Kamis (11 Desember 2024).

“Ngomong-ngomong, saya yang memimpin rapat hari ini, saya yang memimpin karena konteksnya (pertemuan) dengan Kementerian Luar Negeri umumnya Pak Riefky,” lanjutnya.

Baca juga: Retno Isyarat Tak Lagi Menlu, Kata Penggantinya Akan Lebih Baik

Ia pun enggan berspekulasi saat ditanya soal namanya yang diperkirakan masuk kabinet berikutnya.

Sebab, Sugiono merupakan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra dan dianggap sebagai salah satu orang kepercayaan terdekat Prabowo.

Mengingat latar belakangnya sebagai alumnus SMA Taruna Nusantara, sinyal dirinya untuk masuk kabinet berikutnya semakin kuat.

Empat lulusan SMA Prabowo yang didirikan mantan Panglima TNI LB Moerdani akan diangkat menjadi menteri, demikian keterangan Hasyim Djojohadikusumo, Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Partai Gerindra.

“Saya tidak ikut diskusi apakah saya akan bergabung (kabinet). “Terserah presiden yang menentukan siapa itu, terima kasih banyak,” imbuhnya.

Baca juga: Prediksi Empat Lulusan SMA Taruna Nusantara Duduki Kursi Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran

Berdasarkan informasi yang diperoleh virprom.com, Sugiono masuk dalam pasar calon menteri besutan Prabowo.

Ada beberapa posisi yang bisa diisi Sugiono: Menteri Negara (Mensesneg), Menteri Sekretariat Kabinet (Menseskab), dan Menteri Luar Negeri.

Saat ini, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani mengungkapkan, Prabowo sedang menyeleksi nama-nama calon menteri.

Ia juga mengatakan, Prabowo ingin membentuk kabinet Zaken yang terdiri dari orang-orang yang profesional di bidangnya. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung dari ponsel Anda. Untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com, pilih saluran berita pilihan Anda: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstall.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top