Curhat Pengemudi Nyaris Kecelakaan gara-gara Karpet Mobil Tersangkut

JAKARTA, Kompass.com – Salah satu fungsi karpet mobil adalah menjaga kebersihan dan kenyamanan pengemudi dan penumpang selama perjalanan. Namun, jika tidak menginstalnya dengan benar, dapat menimbulkan masalah besar.

Demikian unggahan akun Twitter @innovacommunity, Selasa (10/9/2024). Rekaman tersebut memperlihatkan karpet mobil hampir menyebabkan kecelakaan karena tidak beres.

Pria dalam video tersebut mengatakan, karpet cacat tersebut tersangkut di pedal gas sehingga kesulitan menginjak pedal gas dan nyaris mengalami kecelakaan.

Baca Juga: Jelang Laga Indonesia Vs Australia, Berikut 9 Kantong Parkir di GBK

“Saya pulang dari Tawang Mungo, nanti kecelakaan. Kenapa? Tidak menyebar, sehingga gasnya tersangkut di soft mat (karpet) mobil, tidak bisa diinjeksi, menyebabkan saya terjatuh. mati.” Apalagi saat saya bersandar, saya hanya mengeluarkan sedikit tenaga, karena (gas) tersangkut (di karpet) dan perlawanan, saya panik, untung tidak terjatuh, kata orang dalam video tersebut. Apakah ada yang menggunakan keset mobil universal?

Kalau iya, biasanya ada pola di bagian sisinya sehingga mudah dipotong agar sesuai dengan ukuran dek bawah mobil.

Kalau terlalu besar, bisa berbahaya akibatnya jika pedal akselerator berbunyi “TANGJEL”. pic.twitter.com/rhodFoJO59 — Komunitas Innova (@innovacommunity) 10 September 2024

Sonny Susmana, Direktur Pelatihan Safety Defence Consultants Indonesia (SDCI), mengatakan banyak pemilik mobil yang berganti kabin namun belum cukup matang dalam hal keselamatan.

Kelihatannya sederhana, pengaruhnya kecil atau tidak ada, tapi bisa menimbulkan kecelakaan, kata Soni, saat dihubungi virprom.com, Selasa (10/9/2024).

Menurut Sony, pemilik mobil diperbolehkan menggunakan karpet tambahan. Namun pertimbangan keselamatan tetap harus menjadi nomor satu.

Yang perlu diperhatikan, apakah karpet dalam kondisi tertentu mengiritasi? Mobil akan bergerak maju, mundur, kiri dan kanan. Artinya, memilih karpet yang tepat, harus bergerak atau bergerak sedikit pun. kait atau tombol,’ kata Sony.

Baca Juga : Sehabis Perawatan AC Mobil Sebaiknya Periksa Bagian Ini

Selain itu, ada banyak hal yang harus Anda perhatikan saat memasang karpet. Mulailah dengan bahan yang mudah dibersihkan agar tidak membahayakan kesehatan Anda.

Disarankan juga untuk memilih warna yang tidak gelap, agar lebih mudah melihat apakah ada sesuatu atau sesuatu yang kurang cocok untuk diletakkan di dek. Selain itu, kotoran juga mudah terlihat pada karpet.

“Dimensinya harus sesuai dengan ruang dek dan bawah dayung, ukurannya wajar tapi pemasangan top-down juga kurang ideal,” kata Sonny. Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top