Puan Sebut Demokrasi Wacana Harus Dibangun dengan Kehadiran Negara

JAKARTA, virprom.com – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani mengatakan penerapan demokrasi diskursif patut dibangun, namun negara harus memastikan semua warga negara memiliki hak yang sama.

Hal itu disampaikan Puan dalam pidatonya pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Gabungan DPR RI dan DPD RI 2024 pada Jumat (16/8/2024).

“Demokrasi wacana bukanlah kebebasan tanpa batas. Pembatasan hak setiap warga negara dalam negara demokrasi dimaksudkan untuk menjamin bahwa hak warga negara lainnya sama pentingnya. Hak warga negara dibatasi oleh hak warga negara lainnya,” kata Puan.

Baca juga: Puan: Indonesia Bukan Negara Satu Orang

Negara, menurut Puan, harus memastikan hak demokrasi masyarakat tetap sama sehingga wacana demokrasi terus berkembang dan terbatas pada hak setiap warga negara.

Oleh karena itu, peran negara diperlukan untuk menjamin persamaan hak demokrasi bagi seluruh warga negara, hak atas rasa aman yang sama bagi seluruh warga negara, hak hidup damai yang sama bagi seluruh warga negara, kata Puan.

Baca Juga: Gunakan Wacana Demokrasi, Puan: Media Sosial Bisa Bikin Orang Jahat Jadi Orang Baik

“Peran negara adalah menjamin dan melindungi kehormatan dan martabat setiap warga negara,” kata Puan. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top