Baterai iPhone 16 Bisa Diisi Lebih Cepat dari iPhone 15, tapi Enggak Gratis

virprom.com – Seri iPhone 16 hadir dengan fitur-fitur baru, salah satunya adalah fitur kecepatan. Saat ini model iPhone terbaru mendukung teknologi pengisian cepat hingga 25 watt, naik dari 15 watt pada iPhone 15 Series. 

Namun pengguna iPhone 16 Series tidak bisa mendapatkan atau menikmati fast charge gratis. Pada dasarnya, pengguna perlu menikmati teknologi ini melalui aksesori Apple bernama MagSafe Charger yang dijual terpisah.

Dengan MagSafe Charger mulai dari US$39 (sekitar Rp 600.000), pengguna iPhone 16 Series dapat mengisi daya perangkatnya secara nirkabel dengan menghubungkannya ke MagSafe Charger.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Pengisian Nirkabel Semua yang Perlu Anda Ketahui

Pengisi daya MagSafe sendiri didasarkan pada teknologi pengikatan logam magnetik alias MagSafe yang pertama kali diperkenalkan saat peluncuran iPhone 12 Series pada tahun 2020.

Teknologi ini memungkinkan perangkat iPhone diisi dayanya secara nirkabel dengan menghubungkannya ke perangkat pengisi daya elektronik seperti MagSafe Charger.

Kembali ke pembantu di atas, selain MagSafe Charger, pengguna memerlukan “kepala” yang disebut dengan adaptor charger buatan Apple yang memiliki daya (output) minimal 30 watt. Di Apple .com, aksesori ini dibandrol dengan harga yang sama. Pengisi Daya MagSafe. 

Nantinya, MagSafe Charger dapat disambungkan ke USB-C Power Adapter 30W, dan charger ini disambungkan ke stopkontak, sehingga dapat mengisi daya iPhone 16 Series dengan output hingga 25 watt tanpa kabel.

Baca Juga: Malaysia Dapat iPhone 16 Pertama, Indonesia Tak Masalah

Dengan kata lain, pengguna perlu merogoh kocek sekitar Rp1,2 juta hanya untuk menikmati fitur fast charging 25 watt melalui teknologi MagSafe di iPhone 16 Series. 

Lantas, apakah pengguna bisa mengisi daya iPhone 16 Series menggunakan perangkat elektronik lain yang ada di pasaran?

Tentu saja bisa. Namun kecepatan pengisiannya adalah 15 watt untuk perangkat dengan teknologi Qi Wireless Charging2 atau 7,5 watt untuk perangkat dengan teknologi Qi Wireless Charging.  Bagaimana dengan mengisi daya melalui telepon?

Lantas, bagaimana dengan pengisian standar melalui kabel (wied) dengan konektor USB-C? Apakah casing ini mendukung pengisian cepat dan pengisian daya melalui MagSafe?

Sayangnya, Apple tidak mengungkapkan hal tersebut. Namun, mereka sesumbar bahwa iPhone 16 Series dapat diisi daya 0-50 persen dalam waktu sekitar 30 menit melalui USB-C. 

Namun perlu dicatat bahwa pengalaman ini hanya dapat dicapai jika pengguna memiliki adaptor pengisi daya dengan output 20 watt atau lebih. Di laman Apple.com, Adaptor Daya USB-C 20W bisa didapatkan dengan harga 19 dollar AS (sekitar Rp 290.000). 

Baca Juga: Apa Itu Teknologi Bypass Charging di Smartphone?

Pengguna sendiri membutuhkan adaptor charger untuk mengisi daya iPhone 16 Series karena Apple tidak lagi menyertakan adaptor charger di dalam kotak dari iPhone 12 Series. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top