China Akan Latih 3.000 Polisi Lagi dari Luar Negeri

BEIJING, virprom.com – China akan melatih 3.000 lagi polisi dari berbagai negara dalam 12 bulan ke depan, kata Menteri Keamanan Publik Wang Xiaohong, yang juga mengepalai biro kepolisian, Senin (9/9/2024).

Sebelumnya, Tiongkok melatih 2.700 polisi dari luar negeri pada tahun lalu.

“Kami (juga akan) mengirim konsultan kepolisian ke negara-negara yang membutuhkan, untuk melakukan pelatihan guna membantu mereka meningkatkan kemampuan penegakan hukum dengan cepat dan efektif,” kata Wang, dikutip kantor berita AFP.

Baca juga: Mengapa Tiongkok Berhenti Mengirim Anak ke Luar Negeri untuk Diadopsi?

Konferensi keamanan yang diadakan di kota pelabuhan Lianyungang di provinsi Jiangsu dihadiri oleh petugas polisi dari 122 negara, wilayah dan organisasi internasional termasuk Malaysia, Myanmar, Pakistan dan badan kepolisian global Interpol.

Acara ini dianggap sebagai bagian dari Inisiatif Keamanan Global (GSI) yang diusulkan oleh pemimpin Tiongkok Xi Jinping untuk tahun 2022, yang bertujuan untuk mengatasi masalah internasional melalui kerja sama dengan negara lain.

Namun, para analis menyebut GSI sebagai cara bagi Tiongkok untuk memperluas pengaruh globalnya dan mengikis tatanan keamanan yang dipimpin AS saat ini.

“Ini hampir seperti mengatakan ‘jika Anda tidak menyukai cara Barat dalam melakukan sesuatu, ada alternatif dari Tiongkok’,” kata Benjamin Ho, asisten profesor Program Tiongkok di Sekolah Studi Internasional S Rajaratnam, kepada AFP.

“Jadi, tentu saja, Tiongkok berusaha untuk menekankan beberapa inisiatif (kepolisian) ini secara besar-besaran, dan itu adalah bagian dari perjuangannya untuk mendapatkan pengaruh terhadap Barat,” tambah Ho.

Baca Juga: Cik Hong Bahagia di China, Punya 3 Anak Kembar yang Sama-sama Pekerja Keras dan Sudah Diterima di Kampus Ternama.

Ho menambahkan bahwa Tiongkok mencoba menekankan betapa aman dan terjaminnya negara mereka, terutama dengan teknik pengawasan terbaru.

“Saya pikir logika seperti itu pasti cukup menarik bagi negara-negara yang mungkin sedang berjuang dengan keamanan dalam negerinya sendiri,” kata Ho.

“Dari pihak Tiongkok, semua ini merupakan kesempatan untuk menunjukkan pengaruh keamanan mereka di tingkat global.”

Baca juga: Bulan Ini, China-Rusia Akan Gelar Latihan Militer Gabungan Simak berita terkini dan pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top