Suami Maju Pilkada, Betty Epsilon Idroos Mundur dari Korwil Maluku KPU

JAKARTA, virprom.com – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Betty Epsilon Idroos mengundurkan diri sebagai koordinator wilayah Maluku (Korvil) untuk Pilkada Serentak 2024.

Keputusan itu diambil setelah Betty Zulkarnain meminta suaminya, Awat Amir Amir, menjadi wakil gubernur Maluku Tengah pada Pilkada 2024.

“Demi menjaga integritas, kehormatan, independensi dan kepercayaan saya sebagai penyelenggara pemilu, kami secara terbuka menyatakan dalam rapat pleno pimpinan KPU bahwa saya sedang menjalin hubungan suami istri dengan calon wakil raja Maluku Tengah. menit.” kata Betty dalam keterangannya, Jumat (6/9/2024).

Baca juga: 6 Anggota DPRD Maluku Terpilih Diganti di Pilkada Serentak.

Betty pun menegaskan tidak akan berprasangka buruk dan akan resmi mengundurkan diri sebagai Koordinator Wilayah Maluku pada 28 Mei 2024.

Betty mengatakan, langkah itu untuk memastikan tidak ada penyalahgunaan jabatan dan kekuasaannya di Pilkada Maluku Tengah terkait lamaran suaminya.

“Di KPU resmi, usulan menghilangkan prasangka diungkapkan secara terbuka,” imbuhnya.

Betty menjelaskan tindakan tersebut sesuai dengan Peraturan KPU RI Nomor 12 Tahun 2023 huruf 76 b yang mewajibkan anggota KPU mengungkapkan apakah memiliki hubungan keluarga dengan calon atau calon kampanye partai tertentu.

“Anggota CPU wajib menyampaikan informasi secara terbuka kepada publik dalam rapat paripurna dan melalui surat resmi di jejaring sosial, serta memantau dewan dan situs CPU jika memiliki hubungan keluarga atau kekerabatan dengan kandidat dan/atau tim perang pemilu,” tegasnya. Betty. .

Baca Juga: Partai Gurem Ibrahim-Lili Daftar Pilkada Maluku Tengah: Putusan MK yang Luar Biasa.

Diketahui, suami Betty, Zulkarnain Awat Amir bersama Mario Laualata resmi mencalonkan diri sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Tengah pada Kamis (29/8/2024).

Pasangan ini mendapat dukungan tertinggi dengan perolehan 22 kursi di DPRD Maluku Tengah, gabungan Partai Demokrat, PAN, PKS, Gerindra, dan Partai Golkar. Dengarkan berita terkini dan berita utama kami langsung dari ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda Masuk ke saluran whatsapp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top