8 Cara Mengatur Kecerahan Layar Laptop dengan Cepat dan Mudah

virprom.com – Pengguna perlu mengetahui beberapa pedoman dasar pengoperasian laptop agar lebih nyaman digunakan. Salah satu petunjuk dasarnya adalah cara mengatur kecerahan layar laptop.

Cara mengatur kecerahan layar laptop semoga bermanfaat bagi pengguna. Seperti yang Anda ketahui, Anda bisa mengatur tingkat kecerahan layar di laptop mana pun.

Baca juga: 4 Cara Mudah Lengkap Membagi Layar Laptop di Windows dan Mac

Pengaturan kecerahan layar diperlukan agar pengguna nyaman melihat laptop. Misalnya saja jika layar disekitarnya terlalu gelap sehingga tidak nyaman dipandang mata, maka pengguna bisa meningkatkan kecerahan laptopnya.

Lalu jika kondisi terlalu terang, pengguna bisa meredupkan layar laptop. Dengan pengaturan seperti ini, pengguna akan lebih nyaman melihat layar laptop dalam kondisi berbeda.

Karena bermanfaat, penting bagi pengguna untuk mengetahui cara mengatur kecerahan layar laptop. Lantas, bagaimana cara mengatur kecerahan layar laptop? Jika Anda tertarik untuk mempelajarinya lebih lanjut, berikut penjelasan cara mengatur kecerahan layar laptop Anda. Cara mengatur kecerahan layar laptop

Cara mengatur kecerahan layar laptop sebenarnya sangat sederhana. Ada banyak pilihan yang bisa digunakan pengguna untuk mengatur kecerahan pada layar laptop. Secara umum, pengguna dapat mengakses menu pengaturan dan menggunakan hotkey.

Namun untuk mengatur kecerahan layar laptop, caranya mungkin berbeda untuk laptop berbasis Windows (laptop Windows) dan MacOS (Macbook).

Untuk lebih jelasnya berikut penjelasan lebih detail mengenai beberapa cara mengatur kecerahan layar laptop baik di laptop Windows maupun Macbook. 1. Menggunakan tombol pintas (Windows)

Cara mengatur kecerahan layar laptop Windows yang pertama adalah dengan menekan hotkey. Pintasan keyboard untuk mengatur kecerahan layar mungkin berbeda di setiap laptop Windows.

Namun biasanya pengguna bisa menekan F2 dan F3 atau F5 dan F6 pada keyboard. Tombol kecerahan layar biasanya memiliki ikon lampu. Pengguna dapat mengetuknya untuk menambah atau mengurangi kecerahan layar. 2. Klik kanan pada layar utama (Windows)

Setelah itu, pengguna dapat mengklik kanan pada home screen atau layar beranda laptop Windows untuk mengakses menu pengaturan layar. Pada menu ini, pengguna nantinya dapat mengatur kecerahan layar. Ikuti langkah-langkah berikut: Klik kanan pada layar beranda. Kemudian pilih menu Opsi Tampilan. Kemudian di bawah Brightness, geser tombol ke kanan untuk menambah kecerahan layar atas dan ke kiri untuk mengurangi kecerahan layar.

Baca Juga: 12 Cara Mudah Screenshot di Laptop Windows dan Mac 3. Melalui menu setting (Windows)

Cara mengatur kecerahan layar laptop Windows yang ketiga adalah melalui menu pengaturan. Berikut cara melakukannya: Tekan tombol Windows dan i secara bersamaan. Setelah itu, menu pengaturan akan langsung terbuka. Di menu pengaturan ini, pilih menu Sistem dan pilih opsi Tampilan. Kemudian di bawah Brightness, geser tombol ke kanan untuk menambah kecerahan layar atas dan ke kiri untuk mengurangi kecerahan layar.

4. Melalui Windows Mobility Center (Windows)

Keempat, pengguna dapat mengatur kecerahan layar laptop Windows menggunakan fitur Windows Mobility Center. Anda dapat mengatur kecerahan layar laptop Windows dengan Center Mobility sebagai berikut: Tekan tombol Windows dan X secara bersamaan. Kemudian pilih menu Mobility Center. Setelah itu laptop akan menampilkan beberapa pengaturan. Di bawah Kecerahan, geser ke kanan untuk meningkatkan kecerahan layar atas, geser ke kiri untuk mengurangi kecerahan layar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top