Apple Intelligence Meluncur Oktober di iOS 18.1, tapi Tidak Ada Bahasa Indonesia

virprom.com – Fungsi kecerdasan buatan (AI) Apple, yaitu. J. Apple Intelligence, pasti akan diluncurkan Oktober mendatang melalui iOS 18.1, iPadOS 18.1, dan macOS Sequoia 15.1.

Apple Intelligence merupakan fitur AI yang membantu pengguna melakukan banyak hal, seperti mengelola foto, menulis, merangkum artikel, menyalin audio, dan menggunakan fitur notifikasi dan emoji yang lebih interaktif. 

Oleh karena itu, Apple mengumumkan ketersediaan Apple Intelligence pada presentasi seri iPhone 16 di acara Apple “Glowtime” pada Rabu (9/9/2024) waktu setempat di Amerika Serikat (AS). atau Kamis pagi waktu Indonesia.

Pada acara yang sama, Apple mengonfirmasi bahwa fitur AI ini akan mendukung bahasa Inggris dan beberapa bahasa lainnya. Namun tidak bagi Indonesia.

SVP bidang rekayasa perangkat lunak Apple, Craig Federighi, tidak menyebutkan bahasa Indonesia saat presentasi menjelaskan dukungan Apple Intelligence. 

Dalam acara GloTime, Craig hanya mengatakan bahwa Apple Intelligence akan mendukung bahasa Inggris (AS) mulai Oktober 2024 dan bahasa Inggris untuk Australia, Kanada, Selandia Baru, Afrika Selatan, dan Inggris pada Desember 2024.

Baca Juga: iPhone 16, iPhone 16 Plus Resmi, Kamera Vertikal, Tombol Baru

“Kami juga sedang berupaya untuk menghadirkan fitur ini ke bahasa Mandarin, Prancis, Jepang, Spanyol, dan banyak bahasa lainnya pada tahun depan,” kata Craig, tanpa menyebutkan apakah Apple Intelligence akan mendukung bahasa Indonesia di masa mendatang atau tidak.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengguna iPhone di Indonesia, khususnya iPhone 15 Pro ke atas, termasuk iPhone 16 seri terbaru, serta iPad dan Mac dengan chip M1, tidak dapat menggunakan Apple Intelligence. Dengan dukungan bahasa Indonesia hingga waktu yang tidak ditentukan. 

Baca Juga: Intelijen AI Apple Rupanya Dilatih Menggunakan Chip Buatan Google

Hal ini berbeda dengan fungsi AI yang populer di pasaran seperti Gemini milik Google dan ChatGPT milik OpenAI yang mendukung bahasa Indonesia. 

Tentu saja, jika mereka ingin menggunakan Apple Intelligence, mereka harus menggunakan bahasa yang didukung AI, seperti bahasa Inggris, dan mengatur bahasa utama di perangkat mereka ke bahasa tersebut.

Sedangkan untuk Apple Intelligence, seperti disebutkan di atas, akan tersedia di iOS 18.1, iPadOS 18.1, dan macOS Sequoia 15.1 pada Oktober 2024, rangkum KompasTekno dari Apple.com, Selasa (9 Oktober 2024).

Artinya, fitur AI ini tidak akan tersedia di iOS 18, iPadOS 18, dan macOS Sequoia 15, yang rencananya akan diluncurkan ke publik pada atau sekitar pekan tanggal 16 September 2024.  Simak berita dan berita terkini dari pilihan kami kan di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top