Peluang Anies di Jakarta Mengecil: PKS Beri “Deadline”, PKB Tak Janji, Nasdem Batal Usung

JAKARTA, virprom.com – Peluang mantan Gubernur DKI Jakarta Inis Basvidan maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Palakada) 2024 semakin tipis. Partai yang tadinya ingin mendukung Anis kini perlahan menarik dukungannya.

Awalnya, Partai Nasdim, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengisyaratkan dukungannya terhadap Inis di Palkada Jakarta tahun ini. Namun belakangan ini, tampaknya rencana tersebut telah berakhir.

  PKS memberi “kelonggaran”.

PKS memberi batas waktu kepada Inis untuk mencari aliansi agar duo Inis-Saheb Iman (Aman) bisa maju di Palkada Jakarta.

Menurut Juru Bicara PKS M Khalid, Anies melampaui batas waktu 40 hari yang ditetapkan PKS untuk merampungkan kursi koalisi.

Sebenarnya batas waktu 40 hari terhitung sejak tanggal 25 Juni, merupakan waktu yang cukup bagi pengumuman pasangan Anis-Sahib Iman untuk bekerja sama dengan Bu Anis agar tiket tersebut bisa sampai ke pesawat, kata Khalid saat dikonfirmasi. Oleh virprom.com. Rabu (7/8/2024) malam.

Baca Juga: Pesan Suryapala kepada Anees: Bukan Keinginan Anda untuk Mengikuti Pilkada.

Sebagai partai pemenang pemilu legislatif Jakarta, PKS memiliki 18 kursi. Inis membutuhkan empat kursi tambahan untuk melaju di Jakarta-Pulakada.

Meski demikian, Anees mengaku kaget dengan pernyataan Khalid soal batas waktu tersebut. Melalui rekaman suaranya, Anees membantah adanya batas waktu untuk mencari persatuan yang diklaim Khalid.

Kenapa kaget karena ini tidak pernah dibicarakan dan setahu saya tidak pernah ada batas waktu pemberian SK oleh pihak lain, kata Inis kepada virprom.com melalui juru bicaranya, Sahreen Hamid, dalam rekaman suara yang dibagikan Senin (12/8/2024).

Khairuddin pun menjawab dan mengatakan tenggat waktu pasti sudah dibicarakan. PKS juga mencontohkan komitmen partai mendukung Enes sejak Pilkada 2017 hingga Pilpres 2024.

Sementara itu, PKB mengungkapkan belum ada komitmen khusus untuk mengangkat Inis Baswedan ke Pulkada Jakarta.

Wakil Ketua Umum PKB Jazeel Al-Fayed mengatakan, mendukung Anies hanyalah impian PKB Kanwil.

Baca Juga: DPP PKB Klaim Tak Janjikan Dukungan di Pilkada Jakarta 2024

“Belum ada janji mendatangkan sembilan belas orang ke Jakarta), (tapi) ada upaya yang dilakukan oleh Pengurus Daerah PKB (DPW) DKI,” kata Jazelul, Selasa (13/8/2024) di DPP PKB, Jakarta Pusat. .

Jazilul juga menyatakan, PKB belum secara resmi mengesahkan satupun nomor Palkada DKI Jakarta dan memantau perkembangan selanjutnya. Naseem telah mengindikasikan untuk membatalkan sembilan belas transfer.

Partai Nasdim yang tadinya berencana mendukung Anis, kini mengisyaratkan akan mencabut dukungannya terhadap mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut.

Ketua Umum Partai Nisdem Surya Paloh menilai situasi saat ini akan menyulitkan Inis Basvidan untuk mengikuti Pilkada Jakarta 2024.

Baca juga: Anees Tak Senang Dipasangkan Sahib Alaman di Pilkada Jakarta 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top