HUT Ke-79 RI: Prabowo Kenakan Busana Adat Jawa, Gibran Khas Papua

Jakarta, virprom.com – Presiden terpilih Republik Indonesia 2024-2029. dan Wakil Presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menghadiri upacara peringatan proklamasi kedua dalam rangka HUT RI ke-79. Indonesia (RI) di dua lokasi berbeda pada tahun 2024. Sabtu, 17 Agustus.

Prabowo selaku Menteri Pertahanan (Menhan) bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin perayaan HUT RI ke-79 di halaman Gedung Negara di Ibu Kota Negara Kepulauan Kalimantan Timur (IKN).

Sementara itu, Gibran bersama istri dan dua anaknya menghadiri upacara peringatan kemerdekaan Indonesia di Istana Merdeka Jakarta.

Prabowo tampak duduk di sebelah kanan Presiden Jokowi, demikian pantauan langsung virprom.com.

Baca juga: Jokowi Sebut Target Pertumbuhan Ekonomi Tahun Pertama Pemerintahan Prabowo 5,2 Persen

Ketua Umum Partai Gerindra itu mengenakan pakaian adat Jawa. Prabowo mengenakan ikat kepala atau penutup kepala berwarna hitam yang biasa disebut udeng.

 

Sementara itu, Gibran yang tengah berkunjung ke Istana Merdeka Jakarta tampak berkumpul kembali dengan putranya John Ethes dengan mengenakan pakaian adat Papua.

Namun, pakaian adat istri Gibran, Selvi Ananda, berbeda. Selvi dan putrinya La Lemba Mana tampak kompak dalam balutan pakaian adat Lampung berwarna hitam.

Perlu diketahui bahwa upacara HUT RI ke 79 di IKN dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi. Sementara itu, Wakil Presiden (Pers) Maruf Amin memimpin upacara di Istana Merdeka, Jakarta.

Baca juga: Gibran dan John Ethes Kenakan Pakaian Adat Papua Saat Hadiri Upacara HUT RI di Istana Merdeka

Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Maruf Amin mengenakan pakaian adat Kalimantan.

Jokowi mengenakan custin, perhiasan kerajaan yang biasa dikenakan para sultan penguasa Kutai dan Kesultanan Martadipur pada acara-acara penting.

Sementara Wakil Presiden Maruf Amin dan istrinya Woori Maruf Amin mengenakan pakaian adat Pontianak, khususnya suku Melayu Sambas yang berasal dari Pontianak, Kalimantan Barat.

Berdasarkan siaran pers Kementerian Wakil Presiden, Maruf Amin mengenakan setelan jas teluk belanga berwarna kuning keemasan yang dipadukan dengan motif insang warna senada di bagian pinggang, serta hiasan kepala yang biasa disebut tanjak.

Baca Juga: Anggaran IKN mungkin bertambah, kata Pak Mulyani, tapi dengarkan berita terkini dan pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top