Menteri Ukraina Ramai-ramai Mengundurkan Diri di Tengah Perang, Ada Apa?

 

KYIV, virprom.com – Setidaknya enam pejabat Ukraina, termasuk tiga menteri kabinet, mengajukan pengunduran diri pada Selasa (3/9/2024).

Hal ini terjadi setelah partai yang berkuasa di Ukraina memberi isyarat bahwa pihaknya sedang mempersiapkan perombakan besar-besaran pemerintahan.

Pergolakan ini terjadi ketika Presiden Volodymyr Zelensky berupaya membangun kembali kepercayaan terhadap pemerintah, 2,5 tahun setelah invasi Rusia, dimana Kiev menghadapi tantangan yang semakin besar, termasuk pemboman harian Rusia.

Baca juga: Rudal Rusia Hantam Kota Poltava di Ukraina Tengah, Tewaskan 41 Orang, Lukai 180 Orang

“Seperti yang dijanjikan, minggu ini akan ada perombakan besar-besaran pemerintahan. Lebih dari 50 persen kabinet menteri akan diganti,” tulis David Arhamia, ketua bagian parlemen dari partai Pegawai Negeri Rakyat yang berkuasa di parlemen Ukraina. dalam sebuah telegram

“Besok kita akan ada hari PHK, dan lusanya adalah hari pertemuan,” imbuhnya, dilansir AFP.

Beberapa menteri Ukraina telah mengajukan pengunduran diri mereka pada Selasa malam, termasuk Menteri Industri Strategis, Menteri Kehakiman, dan Menteri Perlindungan Lingkungan.

Kepala dana kekayaan negara Ukraina, Vitaly Koval, juga mengundurkan diri, begitu pula Wakil Perdana Menteri Irina Varshchuk dan Olga Stefanysina.

Sementara itu, Rostislav Shurma, wakil kepala staf Zelensky dan pembantu utama presiden, dipecat atas perintah presiden. Rusia menembak jatuh 158 drone Ukraina malam ini di 15 wilayah Ukraina menembak jatuh 22 rudal Rusia ke arah Kiev Zelensky Ukraina mendesak AS untuk mengizinkan lebih banyak serangan terhadap Rusia

Zelensky telah memerintahkan sejumlah perombakan sejak perang dimulai, seperti memecat menteri pertahanannya pada September lalu setelah serangkaian skandal korupsi, dan baru-baru ini mengganti komandan puncaknya di tengah gangguan di medan perang.

Masa jabatan presiden pertama pemimpin Ukraina, yang dimulai pada tahun 2019, berakhir pada bulan Mei, namun ia tetap menjabat di bawah darurat militer.

  Dengarkan pilihan berita dan berita kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top