Huawei Mate XT Resmi, Ponsel Layar Lipat Tiga Pertama di Dunia

virprom.com – Huawei resmi meluncurkan ponsel terbarunya, Mate XT, pada Selasa (10/9/2024). Berbeda dengan kebanyakan ponsel lipat yang bisa dilipat menjadi dua, Huawei Mate XT merupakan perangkat yang layarnya bisa dilipat menjadi tiga.

Huawei mengklaim mekanisme pelipatan layar ini menjadikan Mate XT sebagai ponsel pertama di dunia yang layarnya bisa dilipat tiga kali. 

Layar utama Huawei Mate bisa dilipat menjadi tiga

Kaki ini diletakkan di kiri dan ketiga di kanan layar besar yang dilindungi kaca tipis.

Dengan demikian, bagian engsel di sisi kiri layar perangkat dapat melipat layar ke arah luar, sedangkan bagian tepi di sisi kanan layar dapat melipat layar ke dalam, mirip dengan fungsi engsel pada Galaxy Z Fold 6.

Baca Juga: DxOMark: Samsung Galaxy Z Fold 6 memenangkan ponsel lipat dengan kamera terbaik

Jika layar ponsel ini dilipat maka bentuknya akan terlihat seperti huruf “Z” dan jika layar dilipat penuh maka bagian kaca yang dilipat ke luar akan terlihat sebagai layar berbentuk sekunder (cover screen). berukuran 6,4 inci (1.008 x 2.232 piksel). 

Menariknya, pengguna juga bisa melipat sisi kiri layar hingga membentuk Huawei Mate 

Jadi, ketika layarnya dilipat penuh dan perangkat dilihat dari kanan, kiri, atas, atau bawah, Huawei Mate XT tampak seperti tiga ponsel ramping yang bertumpuk rapi.

Huawei mengklaim ketebalan ponsel ini sangat tipis, yakni 3,6-4,8 mm saat layar terbuka dan 12,8 mm saat ponsel dilipat penuh. 

Baca Juga: Huawei Gugat MediaTek, Apa yang Terjadi?

Spesifikasi Huawei Mate XT

Dari segi spesifikasi, Huawei Mate XT dibekali tiga kamera belakang yang terintegrasi dalam modul segi delapan. Ketiga kamera ini beresolusi 50 MP (f/1.4-4.0, PDAF, OIS), 12 MP (f/3.4, telephoto, 5.5x optical zoom), dan 12 MP (f/2.2, ultrawide).

Kamera utama ponsel memiliki aperture variabel. Oleh karena itu, aperture dapat diatur dari f/1.4 – 4.0 sesuai dengan intensitas cahaya yang masuk ke lensa kamera. 

Di bagian depannya terdapat kamera 8 MP (f/2.2) yang dipasang di sisi kiri atas layar utama.

Soal performa, Huawei tidak membeberkan chipset apa yang digunakan di ponsel triple-decker-nya.

Konon “otak” yang digunakan pada perangkat ini adalah Kirin 9010 5G yang juga digunakan pada ponsel seri Huawei Pura 70. Sebab, Mate XT juga mendukung fitur komunikasi melalui satelit. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top