11 Kali Raih Opini WTP, BNPT Siap Tingkatkan Kualitas Pengelolaan APBN

virprom.com – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT RI) kembali mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga (LKK) tahun anggaran 2023. 

Sekretaris Utama BNPT (Sistama) Bang Bang Sorono mengatakan keberhasilan ini merupakan hasil kerja keras seluruh jajaran BNPT. 

Sebab, opini WTP atas LKKL 2023 merupakan yang ke-11 kalinya berturut-turut diterima BNPT dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Hasil pemeriksaan BPK merupakan hasil kerja seluruh keluarga besar BNPT yang telah melaksanakan belanja keuangan negara secara transparan dan akuntabel, ujarnya dalam siaran pers, Kamis (25/7/2024).

Hal itu disampaikan Bangbang saat penyerahan Laporan Temuan Pemeriksaan (LHP) Laporan Keuangan LKKL Tahun 2023 Kepala Audit Keuangan Negara (AKN) 1 di Aula BPK Jakarta, Kamis. 

Baca Juga: Ciptakan Generasi Baik, BNPT Unida Gunter Edukasi Mahasiswa Melawan Terorisme

Bangbang juga mengingatkan agar BNPT terus menjunjung tinggi capaian WTP dan meningkatkan kualitas pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebagaimana direkomendasikan dalam LHP keluar. 

“Tentunya ini menjadi bekal berharga bagi BNPT untuk terus memperbaiki dan meningkatkan kualitas pengelolaan APBN sejalan dengan rekomendasi dalam LHP,” ujarnya dalam siaran pers. 

Selain itu, Ketua BPK I BPK Nyoman Adhi Suryadnyana mengatakan penyampaian masukan WTP kepada kementerian/lembaga di sektor pemerintahan merupakan indikator penting penerapan good governance.

Ia mengatakan masukan terhadap temuan audit keuangan merupakan salah satu indikator tata kelola yang baik. 

Nyoman mengatakan, prediksi WTP juga memberikan manfaat yang signifikan bagi kementerian/lembaga itu sendiri. 

Baca Juga: Ciptakan Generasi Baik, BNPT Unida Gunter Edukasi Mahasiswa Melawan Terorisme

“Umpan balik hasil pengujian dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat, menginspirasi visi organisasi, meningkatkan citra organisasi di mata pemangku kepentingan, dan menjadi cermin akuntabilitas,” jelasnya. 

Nyoman juga berharap kementerian/lembaga penerima WTP tidak berpuas diri dengan pencapaiannya. Sebaliknya, mereka harus menerapkan pengendalian internal dan terus meningkatkan kepatuhan terhadap ketentuan. 

“WTP bukanlah tujuan akhir. Itu tanda kita punya tata kelola yang baik. Namun pengendalian internal dan kepatuhan terhadap peraturan harus tetap dijaga dan ditingkatkan,” harapnya. 

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Hinsa Siburian mengapresiasi kerja pemeriksaan keuangan yang dilakukan BPK karena memegang peranan penting.

Audit keuangan yang dilakukan BPK akan berperan penting dalam menghilangkan dan mempersempit ruang lingkup penimbunan dan penyelewengan dalam pengelolaan keuangan negara, kata dia mewakili Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhakum) Hadi Tajjanto. 

Selain BNPT, ada kementerian/lembaga lain di bawah AKN 1 yang mendapat opini WTP atas LHP laporan keuangan tahun 2023, seperti Kemenko Polhukam, Badan Narkotika Nasional (BNN), Badan Meteorologi, Badan Meteorologi dan Geofisika ( BMKG). , dan Lembaga Elastis Nasional (Lemhannas) RI.

Baca juga: Pastikan HUT RI ke-79 Aman di IKN, BNPT Ulas Beberapa Poin Penting

Dewan Pertahanan Negara (Wantannas) Indonesia, dan Badan Siber dan Sandi Negara, Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pencarian dan Pertolongan Nasional (Basarnas), Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bavaslo), dan Badan Keamanan Laut (Bakamla). 

  Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top