Mulai Ekspansi, Pabrik Shell Lubricants di Marunda Produksi Gemuk

JAKARTA, virprom.com – Shell Indonesia mulai memperluas pabriknya di Marunda, Bekasi. Kini pabrik ini tidak hanya memproduksi pelumas mesin, tetapi juga oli.

Peresmiannya akan dilakukan pada Maret 2024. Pabrik minyak terbaru ini memproduksi produk minyak bumi dengan merek Shell Gadus. Kapasitas produksinya diperkirakan mencapai 12 kiloton.

Baca juga: Update Harga Oli Motor Skuter September 2024, Shell Turun

FYI, oli juga merupakan salah satu jenis pelumas, namun berbentuk pasta atau gel. Gemuk sering digunakan untuk melumasi bantalan dan roda gigi.

Ari Satyanggoro, Wakil Presiden Pemasaran Pelumas Shell Indonesia, mengatakan pabrik minyak Shell saat ini belum beroperasi dengan kapasitas penuh. Mereka memerlukan waktu untuk mulai memproduksi minyak.

“Kalau kebutuhan membangun kilang minyak di Indonesia sebenarnya ada, Shell sudah menjualnya. Kalau produknya, tapi kami masih impor,” kata Ari kepada virprom.com. Pada Indonesia Energy & Engineering (IEE) 2024, JIExpo Kemayoran, Rabu (11/9/2024).

Baca juga: Pertamax Turun, Berikut Perbandingan Harga BBM Pertamina, Shell dan BP

Oleh karena itu, dengan hadirnya kilang minyak ini, kita semakin dekat dalam memasok ke konsumen. Jadi 100 persen untuk kebutuhan dalam negeri Indonesia, kata Ari.

Ari menambahkan, alasan dibangunnya pabrik minyak ini bukan untuk menyongsong era elektrifikasi. Seperti diketahui, mobil listrik tidak lagi membutuhkan oli mesin, namun beberapa komponennya masih menggunakan pelumas jenis oli.

Ari mengatakan oli digunakan hampir di semua mesin. Jadi, apakah trennya ke arah mobil listrik atau non-listrik, bahan bakar tetap dibutuhkan.

Jadi sebenarnya produk pelumasan yang dibutuhkan semua mesin, industri, dan konsumen. Jadi tidak diformulasikan khusus untuk elektrifikasi kita, ujarnya. Dengarkan berita terkini dan tips kami langsung dari ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top