Tak Pakai Sistem Antrean, Masjid Istiqlal Langsung Salurkan Daging Kurban ke Warga yang Membutuhkan

JAKARTA, virprom.com – Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar mengatakan pihaknya tidak memulai sistem antrian untuk membagikan kepada masyarakat.

Menurutnya, Panitia Amal Masjid Istiqlal aktif membagikan daging kepada warga sekitar yang memang membutuhkan.

“Saya harus tegaskan, tidak ada antrian di sini (Masjid Kemerdekaan). Istiqlal aktif berbagi kepada mereka yang sudah benar-benar menilai, berdasarkan penelitian yang sangat kuat, siapa sebenarnya yang berhak menerima hewan kurban dan bagiannya yang mana,” kata Nasaruddin dalam siaran pers di Masjid Istiqlal, Senin (17/06). /2024).

“Ada orang-orang tertentu yang menjadi anggota jemaah yang aktif dan juga ikut aktif dalam Kemerdekaan. Ada juga gedung mandiri, termasuk panti asuhan binaan Istilal,” imbuhnya.

Baca juga: Menag: Jiwa adalah Waktu Pembantaian bagi Keegoisan, Keserakahan, dan Keegoisan.

Dalam pendistribusian hewan kurban, panitia menggunakan banyak cara.

Diantaranya, daging kurban yang dipotong dan ditimbang dibawa ke beberapa lembaga, seperti panti asuhan. Cara lainnya adalah dengan mendonasikan hewan yang tidak dibunuh ke asrama, pesantren, dan tempat lain yang membutuhkan.

Sedangkan pada Idul Adha 1445 Hijriah atau tahun ini, Masjid Istiklal diberikan 50 ekor sapi dan 12 ekor kambing.

Sapi dan kambing dulunya berasal dari pejabat pemerintah, pengusaha, masyarakat dan non-Muslim.

Diantaranya adalah sapi sumbangan Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Ma’ruf Amin, mantan Wakil Presiden Megawati Soekarnoputri, Menteri Pertahanan Negara yang juga Presiden terpilih pada pemilu 2024, Prabowo Subianto, dan Pj Wakil Presiden terpilih pada tahun 2024. pemilihan presiden Gibran Rakabuming.

Baca juga: Idul Adha, Jokowi: Sadar Sebagai Ungkapan Syukur dan Kesetiaan

“Jadi yang menarik, teman-teman kita juga memberikan sedekah kepada non-Muslim, dan ada bingkisan untuk memperbanyak pembagian daging kurban. (Ada) 22 teman kami yang non muslim, ada yang di gereja punya sapi besar, lalu “20 sapi besar disumbangkan ke hotel Borobudur,” jelas Nasaruddin.

Selain itu, ada juga hewan kurban yang dipersembahkan oleh masyarakat Tionghoa.

Sementara itu, penyembelihan hewan kurban dijadwalkan pada Selasa (18 Juni 2024) pagi.

Pasalnya, panitia donasi Masjid Kemerdekaan masih menunggu masyarakat yang hendak menyembelih hewan kurban pada hari Senin nanti.

Proses pengeluaran daging kurban dilakukan setelah penyembelihan, pembersihan, dan penimbangan. Dengarkan berita dan berita terkini dari pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top