Pegiat Keselamatan Dorong Revisi PP 55/2012 Tentang Kendaraan

JAKARTA, virprom.com – Sepeda motor masih menjadi yang paling terkena dampak kecelakaan di Indonesia. Kenyataannya, rencana keselamatan jalan raya tidak mengurangi jumlah kecelakaan.

Menurut Ahmad Safrudin, peneliti Road Safety Association, banyak faktor yang menyebabkan angka kecelakaan sepeda motor begitu tinggi.

Baca Juga: Toyota dan BMW Gandeng FCEV

Ahmad mengatakan dalam keterangan resmi, Rabu, 28/8/2024, “Dalam 7 tahun terakhir, rata-rata jumlah kecelakaan lalu lintas di Tanah Air mencapai 149.394 kasus/tahun, 73 persen di antaranya adalah pengendara sepeda motor dan 22 persen di antaranya adalah pengendara sepeda motor. fatal.”

Ahmad mengatakan, kehandalan kendaraan dan kecanggihan teknologi menjadi faktor yang mempengaruhi keselamatan pengemudi dan penumpang.

Selain itu, ada faktor lain seperti perencanaan dan pembangunan infrastruktur (jalan dan jembatan), degradasi infrastruktur, perilaku pengemudi dan cuaca.

Ahmad mengatakan dengan tingginya angka kecelakaan sepeda motor, teknologi dan kehandalan kendaraan tetap menjadi faktor penting dalam upaya peningkatan keselamatan jalan raya, khususnya teknologi pelacakan kendaraan.

Baca juga: Tes Lengkap Mitsubishi XForce, Review Eksterior dan Konsumsi BBM

Pada saat yang sama, sebagian besar produsen kendaraan terus berfokus pada keterjangkauan sebagai strategi untuk menarik pembeli mobil Indonesia yang memiliki daya beli rendah, sehingga mengabaikan tingkat keselamatan.

Menurut Ahmad, hal tersebut melanggar Keputusan Presiden Nomor 1 Tahun 2022 tentang Rencana Induk Keselamatan dan Transportasi Jalan Nasional (RUNK LLAJ).

Baca juga: Faktor Penyebab Pelek Sepeda Motor Mudah Patah

Oleh karena itu, PP 55/2012 tentang kendaraan perlu diperbarui mengingat tingginya angka kecelakaan sepeda motor.

Standar PP 55/2012 tentang kendaraan telah diperbarui dalam rangka meningkatkan keselamatan melalui pengenalan teknologi tepat guna dengan meningkatkan keselamatan teknis kendaraan, menerapkan standar manajemen PBB dalam pengujian kendaraan, dan meningkatkan pengembangan teknologi kendaraan. , “katanya. . Lihat berita terbaik dan berita pilihan kami langsung dari ponsel favorit Anda dan buka saluran WhatsApp kami: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D disertakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top