Cara Aman Lintasi Medan Berat dengan Mobil CVT

SOLO, virprom.com – Mobil dengan transmisi variabel kontinu (CVT) banyak diminati karena menawarkan pengalaman berkendara yang nyaman dan efisien.

Namun, banyak pengemudi CVT yang tidak mengetahui kapan harus berkendara di medan yang berat, dan tidak mengetahui cara mengoperasikannya dengan benar dalam kondisi tersebut.

Iwan, pemilik Iwan Motor Honda Auto Clinic, mengatakan mobil matic CVT memang didesain untuk jalanan kota atau jalan raya.

Baca Juga: Hasil Tes Latin NCAP, Toyota Raize Dapat Satu Bintang

Namun dalam keadaan darurat, mobil bertransmisi matic CVT harusnya bisa melaju di medan kasar atau di jalan raya. Untuk melepaskan sebuah mobil, diperlukan teknik berkendara yang baik, ujarnya. Iwan mengatakan kepada virprom.com, Rabu ( 5/9/2024).

Iwan menyarankan, saat berkendara di bulan-bulan kosong, pastikan tuas transmisi CVT berada di posisi L.

“Letakkan di posisi L untuk mencegah pergerakan. “Untuk mode triptoniknya dimasukkan ke mode manual,” kata Iwan.

Kemudian, lanjut Iwan, saat menginjak pedal gas lakukan secara perlahan dan untuk mendapatkan waktu yang maksimal harus mengambil posisi terlebih dahulu.

Baca Juga: Dampak Buruk Sering Membiarkan Tangki Bahan Bakar Mobil Kosong

“Jika mobil kurang kuat di tengah, lepas pedal gas dan berhenti dulu dengan mengaktifkan kontrol manual,” kata Iwan.

Penting untuk tidak memaksa motor CVT menahan pedal akselerator karena dapat menyebabkan panas berlebih.

“Jangan stres dengan menekan setir terus-menerus, karena mesin akan kepanasan,” kata Iwan. Nantikan berita terkini dan berita pilihan kami di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk bergabung dengan saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top