Dokter Gizi: Susu Ikan Sumber Protein, tapi Tidak Menggantikan Susu Sapi

virprom.com – Susu ikan disebut-sebut menjadi salah satu alternatif atau opsi yang dipertimbangkan untuk memenuhi kebutuhan susu dalam program Makan Gratis Gizi yang diusung presiden dan wakil presiden terpilih, Prabowo-Gibran. 

Ikan dinilai bisa menjadi solusi pemenuhan kebutuhan susu pada program Makan Gratis Gizi karena ketersediaannya sangat tinggi di Indonesia. 

Baca juga: Apa Itu Susu Ikan? Dengarkan Komentar Ahli

Seperti namanya, susu ikan merupakan minuman yang dibuat dengan mengolah sari daging ikan untuk mengekstrak konsentrat protein dari ikan. 

Sari ikan bisa dibuat dalam bentuk bubuk sehingga perlu dilarutkan dalam air untuk diambil sarinya, atau bisa juga dalam bentuk larutan berwarna putih mirip susu sehingga disebut susu ikan. Lantas, apakah susu ikan bisa menggantikan susu sapi?

Ahli Gizi Dr. kata Dr. Inge Permadhi MS, SpGK mengatakan susu ikan dapat menjadi sumber protein yang baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. 

Namun susu ikan tidak bisa menggantikan susu mamalia seperti sapi, kambing, domba, kerbau, kuda, dan lain-lain. Pasalnya, kandungan nutrisi susu ikan tidak sama dengan susu mamalia.

“Susu ikan berasal dari daging ikan yang diolah dan dikeluarkan sehingga menghasilkan protein yang disebut susu ikan. Kedua susu tersebut memiliki protein yang baik, namun kandungan nutrisi lain pada susu hewani sudah pasti tidak sama dengan susu ikan,” ujarnya. dikatakan. . katanya. Saat Dokter Inge berkomunikasi dengan virprom.com, Selasa (10/9/2024). 

Baca juga: Gibran Sebut Pasta Bisa Gantikan Nasi untuk Makanan Sehat Gratis, Kata Ahli Gizi

Menurut Inge, susu sapi mengandung nutrisi seperti kalsium yang tidak dimiliki susu ikan. 

“Susu mempunyai banyak nutrisi, contohnya susu merupakan sumber utama mineral ‘kalsium’, tentunya kebutuhan tubuh akan kalsium tidak dapat tergantikan hanya dengan banyak mengonsumsi protein dari susu ikan, ikan juga memiliki kandungan omega-3 yang melimpah. yang tidak ditemukan pada susu hewani,” ujarnya.

“Sebagai sumber protein, susu ikan bisa menjadi sumber pangan yang baik. Apa kebutuhannya sekarang? Kalau dijadikan sumber protein boleh saja. Tapi kalau dianggap sama dengan kandungannya yang luar biasa. susu hewani, maka tentu saja kurang tepat karena pada susu hewani terdapat banyak nutrisi yang tidak terdapat pada ikan,” imbuhnya. 

Namun, tidak menutup kemungkinan susu ikan dapat difortifikasi atau ditambah dengan nutrisi lain.

“Mungkin jika diperkaya, susu ikan bisa memiliki kandungan nutrisi berbeda yang mirip dengan susu hewani,” kata dokter yang belajar kedokteran di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia itu. 

Baca Juga: Menko PMK Sebut Nasi Jagung Alternatif Pengganti Nasi, Lebih Sehat dari Nasi Putih?

  Apakah susu ikan merupakan makanan yang paling banyak diproses?

Dr Inge menjelaskan, susu ikan sebenarnya bukanlah makanan yang paling banyak diproses. 

“Susu ikan itu bukan makanan yang paling banyak diolah. Mungkin dari daging ikannya diolah dan dijadikan tepung, jadi tidak diolah,” kata Inge. 

Namun jika susu ikan ditambah dengan tambahan gula dan penyedap rasa, maka menjadi makanan yang lebih olahan.

Indonesia mempunyai lautan luas yang banyak menghasilkan ikan. Susu hewani (terutama susu sapi) dan ikan merupakan sumber protein yang baik.

Itu sebabnya menurut Inge, jika keduanya bisa diberikan secara bersamaan, niscaya akan saling melengkapi, sehingga bisa menjadi sumber gizi terbaik bagi anak-anak dan orang dewasa, dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat.

Edukasi dan peran media sosial dapat membantu meningkatkan kesadaran masyarakat akan manfaat ikan sebagai makanan enak dan bergizi.

Baca juga: Seperti Apa Menu Makan Siang Sehat untuk Anak? Inilah yang dikatakan dokter, lihat berita terkini dengan pilihan berita kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top