Tanggal 30 Agustus 2024 Memperingati Hari Apa?

virprom.com – Tanggal 30 Agustus 2024 adalah hari Jumat. Hari ini diperingati sebagai hari dimana Timor Timur mendeklarasikan pemisahannya dari Indonesia.

Selain itu, ada peringatan dan perayaan lainnya pada hari ini. Berikut beberapa upacara peringatan yang akan berlangsung pada 30 Agustus 2024. Hari dimana Timor Timur mengumumkan pemisahannya dari Indonesia

Timor Timur pada mulanya merupakan bagian dari Indonesia. Namun pada tanggal 20 Mei 2002 merdeka dari Indonesia. ,

Namun, Timor Timur juga tidak luput dari hal ini. Masyarakat Timor Timur sudah lama menginginkan kemerdekaan. Terakhir, pada masa pemerintahan B.J Habibie, diadakan pemungutan suara pada tanggal 30 Agustus 1999 di bawah pengawasan UNAMET.

Hasil referendum menunjukkan mayoritas masyarakat Timor Timur menginginkan kemerdekaan dari Indonesia.

Pada tanggal 20 Mei 2002 Timor Timur memperoleh kemerdekaan dan diakui dunia sebagai Timor Timur.

Presiden pertama Timor Timur adalah Xanana Gusmao dari partai Fretilin. Hari Penghilangan Paksa Internasional

Tanggal 30 Agustus juga diperingati sebagai Hari Orang Hilang Sedunia. ,

Hari ini terinspirasi oleh Federasi Keluarga Orang yang Ditahan dan Orang Hilang di Amerika Latin (F.E.D.E.F.A.M.), sebuah organisasi non-pemerintah yang didirikan di Kosta Rika pada tahun 1981.

Organisasi ini aktif dalam perjuangan melawan pemenjaraan rahasia, penghilangan paksa dan penculikan di banyak negara Amerika Latin.

Mereka berharap Hari Korban Penghilangan Paksa Internasional ini dapat menarik perhatian semua orang terhadap banyaknya korban hilang di banyak negara. ,

Perserikatan Bangsa-Bangsa mulai memusatkan perhatian pada orang hilang pada tahun 2010. Ratusan ribu orang diperkirakan hilang di setidaknya 85 negara di seluruh dunia selama periode permusuhan dan penindasan.

Perserikatan Bangsa-Bangsa menetapkan tanggal 30 Agustus sebagai hari libur tahunan untuk memperingati Hari Korban Penghilangan Paksa Internasional, sesuai dengan Konvensi Internasional 2011 untuk Perlindungan Semua Orang dari Penghilangan Paksa.

Baca Juga: Tanggal 29 Agustus 2024 Hari Apa?

Hari Hiu Paus Sedunia diperingati setiap tahun pada tanggal 30 Agustus. ,

Hari Hiu Paus Internasional diperingati sebagai respons terhadap kenyataan bahwa populasi hiu paus di dunia semakin menurun. Hari Hiu Paus Internasional pertama kali dirayakan pada tahun 2008 pada Konferensi Hiu Paus Internasional di Pulau Holbox.

Hiu paus diperkirakan sudah ada sejak periode Jurassic dan Cretaceous, namun kurang dari 350 penampakan yang dilaporkan sebelum tahun 1980an.

Ironisnya, dalam beberapa dekade terakhir, hiu paus telah dimasukkan ke dalam daftar spesies terancam punah secara global. Salah satu penyebabnya adalah perburuan liar.

Sehingga peringatan ini diharapkan dapat memberikan dorongan untuk melindungi mereka dari bahaya kepunahan.

,

Referensi: Sudirman, Adi. (2019). Ensiklopedia sejarah Indonesia dari zaman klasik hingga modern. Surabaya: DIVA PRESS Dengarkan berita terkini dan unggulan langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda dan kunjungi saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top