Benarkah Aki MF Bebas Perawatan?

JAKARTA, virprom.com – Aki mobil memegang peranan penting sebagai sumber energi listrik. Karena perannya, maka sudah menjadi kewajiban pemilik kendaraan untuk memperhatikan kondisinya.

Termasuk jenis aki kering yang saat ini paling banyak dipilih karena memiliki keunggulan bebas perawatan (MF).

Namun ternyata banyak yang salah kaprah. Hanya karena bukan berarti baterai MF tidak memerlukan pemeriksaan dan perawatan.

Baca juga: Sekuel Penghapusan Tempur, Fatal Jika Dibalik

Menurut pengemudi sekaligus mekanik bengkel Pondok Bambu, Alfiyan Iqbal, aki kering atau maintenance free (MF) tetap memerlukan perawatan. Bentuk konservasi ini berbeda dengan baterai konvensional.

“Faktor lain yang perlu perawatan seperti kebersihan kepala mesin, emisinya, dan cara penggunaan peralatan kelistrikan perlu diperhatikan cara kerjanya,” kata Alfiyan kepada virprom.com baru-baru ini.

Menurutnya, perawatan pada kepala aki harus tetap dilakukan karena jika kotor atau terminalnya kendor dapat menghambat aliran listrik sehingga harus rutin dibersihkan dan diturunkan agar aki lebih awet.

Andreas Hardjo, pemilik Bengkel Aki Menyanan Jaya Raya di Semarang, Jawa Tengah, juga menjelaskan hal serupa, mengatakan merawat aki kering jauh lebih mudah, namun bukan berarti sepenuhnya bebas perawatan.

Baca Juga: Pilihan Mobil Baru Di Bawah Rp 200 Juta Bulan Ini

Perawatannya juga ada, mudah dan tidak ribet. Kalau aki basah, sebaiknya periksa ketinggian air aki sebulan sekali. Nah, untuk tipe MF, standar perawatannya adalah membersihkan kepala terminal aki dan memeriksanya. kalau kendor. Kedua kutub baterainya, kata Andreas. Dengarkan pesan menit terakhir dan pesan pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran perpesanan favorit Anda, buka saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp .com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top