FIFA Tunda Lagi Peninjauan untuk Tangguhkan Israel

ZURICH, virprom.com – Badan sepak bola dunia FIFA kembali menunda peninjauan atas upaya Palestina untuk mengecualikan Israel dari pentas internasional akibat perang Gaza.

FIFA mengumumkan pada Jumat (30/8/2024) sore bahwa pihaknya kini akan mempertimbangkan usulan Asosiasi Sepak Bola Palestina (PFA) terhadap Asosiasi Sepak Bola Israel (IFA) pada Oktober mendatang.

PFA mengajukan mosi untuk menangguhkan Israel pada bulan Mei, sementara FIFA memerintahkan tinjauan hukum darurat dan berjanji untuk membahasnya pada pertemuan dewan darurat pada bulan Juli.

Baca Juga: FIFA Menjadwal Ulang Seluruh Kompetisi Timnas Israel

FIFA mengatakan bulan lalu bahwa penilaian hukum akan disampaikan kepada komitenya pada tanggal 31 Agustus, Al Jazeera melaporkan.

Badan yang berbasis di Zurich tersebut mengatakan pihaknya kini telah menunda penilaian hingga bulan Oktober.

“FIFA telah memperoleh penilaian hukum independen atas usulan Asosiasi Sepak Bola Palestina untuk Israel,” kata FIFA.

Penilaian ini akan diteruskan ke Dewan FIFA untuk ditinjau sehingga masalah ini bisa dibahas pada pertemuan berikutnya di bulan Oktober, tambahnya.

FIFA menolak memberikan rincian lebih lanjut mengenai penilaian tersebut atau kapan pertemuan tersebut akan diadakan pada bulan Oktober.

Proposal Palestina tersebut menuduh IFA terlibat dalam pelanggaran hukum internasional yang dilakukan pemerintah Israel, melakukan diskriminasi terhadap pemain Arab dan mengizinkan liga tersebut menjadi tuan rumah bagi klub-klub yang berlokasi di wilayah Palestina.

IFA menolak tuduhan tersebut.

Baca Juga: Serangan Israel tewaskan puluhan warga Gaza menjelang 640.000 anak yang divaksinasi polio

PFA mengatakan setidaknya 92 pemain Palestina tewas dalam pertempuran itu, infrastruktur sepak bola hancur, liga-liga ditangguhkan dan tim nasional harus memainkan pertandingan kualifikasi Piala Dunia di luar negeri.

Dalam usulannya, PFA ingin FIFA menerapkan sanksi yang sesuai terhadap tim-tim Israel, termasuk tim nasional dan klub-klubnya.

Baca Juga: Lagi-lagi Serangan Israel ke Kendaraan Pengangkut Makanan ke Gaza Tewaskan 4 Orang

Setidaknya 40.691 orang telah tewas dan 94.060 orang terluka sejak perang Israel di Gaza dimulai pada 7 Oktober. Diperkirakan 1.139 orang tewas di Israel dalam serangan yang dipimpin oleh organisasi Palestina Hamas pada 7 Oktober. Dengarkan berita utama dan paket berita langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top