Presiden Turkiye Ajak Aliansinya untuk Lawan Israel

ANKARA, virprom.com – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Sabtu (9/7/2024) mengatakan masyarakat Islam harus dibentuk untuk melawan Israel.

Seruan tersebut menyusul pembunuhan seorang wanita keturunan Turki-Amerika yang ikut serta dalam protes hari Jumat terhadap perluasan pemukiman Chester Bank yang diduduki Israel.

“Satu-satunya langkah yang akan melawan arogansi Israel dan terorisme negara Israel adalah penyatuan negara-negara Islam,” kata Erdogan di acara sekolah asosiasi Islam dekat Istanbul, Minggu (9/8/2024), seperti dikutip Reuters .

Baca juga: Israel Tuding Erdogan Persenjatai Hamas, Turki: Propaganda Agama Kotor

Dia mengatakan bahwa Turki telah mengambil langkah-langkah baru untuk meningkatkan hubungan dengan Mesir dan Suriah.

Garis perjuangan solidaritas tersebut diduga akan meningkatkan ancaman ekspansionisme seperti yang terjadi di Lebanon dan Suriah.

Menteri Luar Negeri Israel Israel Katz mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa klaim Erdogan adalah hasutan yang berbahaya.

Erdogan menjamu Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi di Ankara minggu ini dan membahas perang di Gaza dan meningkatkan hubungan jangka panjang mereka dalam kunjungan presiden pertamanya dalam 12 tahun.

Erdogan mengatakan pada bulan Juli bahwa Turki akan menyampaikan undangan kepada Presiden Suriah Bashar al-Assad kapan saja.

Tentu saja, untuk kemungkinan pembicaraan mengenai pemulihan hubungan kedua negara bertetangga yang putus hubungan pada tahun 2011 pasca perang saudara di Suriah.

Militer Israel mengatakan setelah insiden hari Jumat bahwa mereka sedang menyelidiki laporan bahwa seorang warga negara asing tewas akibat tembakan di daerah tersebut.

Baca juga: Presiden Iran Akan Kunjungi Irak, Ini Tujuannya

Rincian insiden dan keadaan di mana tembakan terjadi diberikan.

Kantor Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu tidak segera mengomentari insiden hari Jumat tersebut. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda. Akses saluran Whatsapp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D Periksa apakah Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top