Cegah Barang Ilegal Masuk Perbatasan Papua, Satgas TNI Gelar Patroli dan “Sweeping”

JAKARTA, virprom.com – Satuan Tugas Keamanan Daerah (Pamtas) Yonif 715/Motuliato bergabung dengan Polres Puncak Jaya melakukan pengawasan dan pembersihan di kawasan Mulia, Puncak Jaya, Papua, pada Jumat (6/9/2024).

Hal itu dilakukan guna mengidentifikasi dan mencegah aktivitas ilegal seperti peredaran narkoba, minuman beralkohol, dan barang lainnya di wilayah perbatasan Papua.

Direktur Satgas Daerah Pamtas (Dansatgas) Yonif 715/Motuliato Lt. Kol. Inf Dwi Hertanto mengatakan, penyerangan dilakukan dengan cara memeriksa seluruh kendaraan yang melintas, baik roda dua maupun roda empat.

Dwi Hertanto dalam keterangannya, Jumat, mengatakan: “Semua pengguna jalan harus berhenti dan keluar dari kendaraannya saat patroli melakukan pemeriksaan.”

Baca juga: Dua Anggota OPM Ikrar Setia kepada NKRI Usai Ditangkap TNI

Operasi ini dilakukan Satgas Dasar Pamtas Yonif 715 / Motuliato yang dipimpin oleh Pasiops, Satgas Pamtas Yonif 715 / Motuliato Letda Inf Raden Rizky dan Pakum Satgas Pamtas Yonif 715 / Motuliato Letda Chk Dicky Stevan Harahap. .

Dwi mengatakan, operasi penggeledahan dan penyisiran merupakan bagian dari upaya aparat Pamtas untuk mencegah penyelundupan dan peredaran barang ilegal yang dilakukan pelaku kejahatan.

“Kami berharap operasi ini dapat menghentikan dan mengurangi pergerakan pelaku kejahatan dan kegiatan kriminal lainnya demi menjaga keselamatan dan keamanan di wilayah Papua,” kata Dwi Hertanto.

Ia menambahkan, peninjauan dan kerja sama ini diapresiasi oleh masyarakat.

Menurutnya, masyarakat setempat senang melihat upaya aparat Pamtas memberantas narkoba dan produk ilegal lainnya.

Baca juga: Rencana TNI Rekrut Warga Sipil di Cyber ​​Force Dirasa Perlu

Terkait hal ini, keluhan juga disampaikan warga Mulia, Abimanus (40), yang mendatangi pembatas tersebut.

Abimanus mengaku mendukung patroli bersama dan operasi bersih-bersih untuk menjaga keamanan di wilayah perbatasan Papua.

“Kami senang dan menerima tindakan ini, karena demi menjaga keamanan wilayah kami, saya tahu seluruh warga desa senang dan tidak akan terganggu dengan tindakan ini,” kata Abimanus.

“Kami berharap operasi ini memberikan dampak positif terhadap upaya pemberantasan peredaran narkoba dan minuman beralkohol, serta terciptanya ketertiban dan keharmonisan di Mulia, Puncak Jaya,” lanjutnya. Dengarkan berita terkini dan pilihan berita di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk bergabung dengan saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top