8 Fitur AI yang Dihadirkan ke Ponsel Menengah Oppo Reno 12F 5G

JAKARTA, virprom.com – Oppo resmi memperkenalkan dua smartphone pada acara peluncuran online di Senopati, Jakarta Selatan, Jumat (9/8/2024). Kedua smartphone yang diluncurkan adalah Reno 12F 4G dan Reno 12F 5G.

Di antara keduanya, Reno 12F 5G diposisikan sebagai model teratas karena dibekali spesifikasi mumpuni. Salah satunya adalah rangkaian sumber berbasis kecerdasan buatan (AI/Artificial Intelligence) untuk memudahkan kehidupan sehari-hari penggunanya. 

Setidaknya ada delapan fitur AI yang disematkan pada seri Oppo Reno12 F, yakni AI Eraser 2.0, AI Clear Face, AI Studio, AI Smart Matting 2.0, AI Writer, AI Speak, AI Summary, dan Summary AI Recording. 

Menurut Head of Public Relations Oppo Indonesia Arga Bima Prosecutorna Putra, kehadiran fitur AI buatan ini bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam mengedit gambar kamera, merangkum artikel saat browsing, dan mengetahui jenis teks.

Baca juga: Oppo Reno 12F 4G dan Reno 12F 5G di Indonesia, berikut harganya

“Kami memperkenalkan fitur Generative AI dengan harga smartphone yang terjangkau sehingga (pengguna) dapat meningkatkan produktivitasnya melalui AI,” kata Arga menjelaskan fitur-fitur yang ada di seri Oppo Reno 12F.

Lantas, apa saja fungsi dan cara kerja 8 fitur AI di Oppo Reno 12F 5G? Simak penjelasannya di bawah ini

1. Karet AI 2.0

AI Eraser 2.0 memiliki mekanisme yang sama dengan sebagian besar fitur kamera AI pada beberapa smartphone. Metode AI ini mampu menghilangkan objek yang tidak diinginkan pada foto yang diambil pengguna.

Pengguna hanya perlu memasukkan AI Eraser 2.0 pada galeri, melingkari item yang tidak diinginkan, sistem akan mendeteksi item yang dipilih, dan memilih “Hapus”. Nantinya, kecerdasan buatan akan menghilangkan objek tersebut dari gambar.

Baca Juga: Oppo ingin memperkenalkan smartphone AI di semua segmen harga

Fitur ini akan sangat berguna bagi mereka yang berfoto atau berkelompok di tempat ramai. Pemandangan tempat yang tadinya ramai dilalui orang, bisa berubah menjadi tempat yang damai dan tidak ada orang. 2. Bersihkan wajah AI

AI Clear Face berfungsi untuk menjernihkan wajah pengguna yang melakukan selfie grup. Kekuatan teknologi ini akan menyempurnakan dan mempertegas wajah-wajah yang sebelumnya rumit sehingga menjadi jelas dan mudah dilihat. Misalnya saja fitur wajah, rambut, alis, pengatur rambut, dll.

Cara ini bisa digunakan untuk mempercantik citra pengguna yang suka membuat data, merekam wajah, memotret teman, saudara, pasangan, dan keluarga. 3. Studio AI

AI Studio adalah sumber daya berbasis aplikasi yang dapat diakses oleh pengguna. Sistem AI ini mampu mengubah citra seseorang menjadi berbagai bentuk. 

Setelah login, pengguna akan melihat deretan model wajah dengan pakaian dan latar belakang berbeda. Pilih mode foto yang diinginkan, tentukan foto wajah Anda yang ingin diubah, tunggu beberapa menit hingga ponsel memproses foto tersebut.

Baca Juga: Video: Selain Tangguh, Oppo Reno 12 dan 12 Pro juga Punya Fitur AI

Template yang tersedia juga dibagi ke dalam berbagai kategori, seperti foto, sketsa, futuristik, stiker, foto resume resmi, serta latar belakang yang berbeda-beda.

Setelah itu, semua gambar yang menggunakan AI Studio akan ditandai dengan informasi “Gambar dihasilkan oleh AI Studio”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top