Qualcomm Rilis Chip Snapdragon 6 Gen 3, Bawa AI untuk HP Menengah

virprom.com – Produsen semikonduktor Amerika, Qualcomm, meluncurkan system-on-a-chip (SoC) baru, Snapdragon 6 Gen 3. Chipset ini dirancang oleh perusahaan untuk memberi daya pada smartphone kelas menengah.

Sebagai produk terbaru, Snapdragon 6 Gen 3 hadir dengan beberapa peningkatan. Performa chip ini hampir menyamai “kakaknya” Snapdragon 7s Gen 2, chip kedua Qualcomm di seri Snapdragon 7 yang dirilis tahun lalu.

Pasalnya kedua chip ini menawarkan prosesor yang memiliki clock hingga 2,4 GHz.

Snapdragon 6 Gen 3 memiliki total empat inti yang terdiri dari empat inti Cortex-A78 2,4 GHz untuk penunjang performa dan empat inti Cortex-A55 1,8 GHz untuk aspek efisiensi daya. Grafis ditangani oleh GPU Adreno 710.

Dibuat dengan fabrikasi 4 nanometer (nm), chip ini mendukung RAM LPDDRX4x dan LPDDR5 serta penyimpanan UFS 3.1.

Baca Juga: Qualcomm Rilis Chip Snapdragon 7s Gen 3 yang Bawa AI ke Ponsel Murah

Menurut Qualcomm, Snapdragon 6 Gen 3 menawarkan peningkatan performa prosesor hingga 10 persen dibandingkan pendahulunya, Snapdragon 6 Gen 1. GPU tersebut juga memberikan peningkatan performa hingga 30 persen.

Berkat peningkatan ini, Snapdragon 6 Gen 3 menawarkan beberapa tugas yang lancar, pemuatan aplikasi lebih cepat, dan pengalaman bermain game yang lebih baik.

Untuk menunjang pengalaman bermain game yang lancar, Snapdragon 6 Gen 3 dibekali dengan fitur-fitur Qualcomm Gaming, antara lain Variable Shading untuk meningkatkan tenaga dan performa chipset saat digunakan untuk tenaga gaming, serta Qualcomm Game Color Plus untuk visual game yang lebih detail dan tajam. . .

Seperti chip modern lainnya, Snapdragon 6 Gen 3 juga hadir dengan dukungan kecerdasan buatan (AI).

Baca juga: Qualcomm dan Intel Tak Bisa Lagi Jual Chip ke Huawei

“Dengan peningkatan performa lebih dari 20%, mesin AI Qualcomm memungkinkan peningkatan fitur berbasis AI seperti pengurangan kebisingan, asisten suara, dan kemampuan kamera yang semakin cerdas,” demikian pernyataan Qualcomm mengenai dukungan AI di Snapdragon 6 Ada 3, dikutip dari KompasTekno. dari situs resmi Qualcomm, Senin (2/9/2024).

Untuk foto dan video, Snapdragon 6 Gen 3 mampu menampung penggunaan tiga kamera dan mendukung resolusi kamera hingga 200 MP.

Chip ini juga dilengkapi fitur berbasis AI untuk meningkatkan kualitas foto yang diambil dalam kondisi minim cahaya.

Snapdragon 6 Gen 3 dilengkapi dengan sistem Snapdragon 5G Modem-RF. Artinya perangkat dengan chip ini bisa menerima jaringan 5G. Chipset ini juga mendukung WiFi 6 dan WiFi 6E, Bluetooth 5.2 dan NFC.

Qualcomm belum mengumumkan smartphone mana yang akan menerima chip baru ini. Jelas bahwa chip ini akan memberi daya pada smartphone kelas menengah di masa depan. Mari kita tunggu saja. Dengarkan berita terkini dan pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top