PON XXI 2024 Aceh-Sumut Resmi Dibuka, Pesta Olahraga Tampilkan Kekayaan Budaya

virprom.com – Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 yang digelar di Aceh dan Sumatera Utara resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo.

Upacara pembukaan PON XXI 2024 digelar di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Senin (9/9/2024) malam.

Ini adalah momen bersejarah. Sebab, PON pertama kali digelar di dua perang yakni Aceh dan Sumut.

Sebanyak 65 cabang olahraga, 87 peraturan, dan 1.042 nomor pertandingan akan digelar di 20 kabupaten/kota di Aceh dan Sumut hingga 20 September 2024.

Lebih dari 13.000 atlet siap bersaing memperebutkan gelar terbaik dan menampilkan hasil latihan olahraga dari berbagai daerah.

Baca juga: Jokowi Launching Renovasi dan Pembangunan Venue PON XXI Aceh-Sumut

Pembukaan PON XXI 2024 tidak hanya sekedar festival olahraga, tapi juga panggung menampilkan kekayaan budaya daerah.

Anggota penyelenggara PON XXI Ade Akbar mengatakan, upacara pembukaan yang mengusung tema “Aceh Tegak” atau Aceh Besar dan Kuat ini sengaja menampilkan banyaknya pesona budaya Aceh.

Salah satu yang dipamerkan adalah pertunjukan tari besar yang dibagi menjadi empat bagian visual dan melibatkan 873 penari.

Bagian pertama, ada “Banyak Tradisi Sejarah” yang menampilkan sejarah unik Aceh.

Lalu, ada “Maha Karya Pesona Budaya” yang menampilkan keindahan khas budaya Aceh.

Lalu, ada “The Great Power of the World” yang menampilkan keindahan alam setempat. Terakhir ada “Semangat Maha Jaya Mahahayati” yang mewakili semangat khas Aceh.

“Sederhananya, pameran ini kami siapkan dengan mengusung tema indah Aceh Tegak atau Aceh Besar dan Aceh Kuat,” kata salah satu tim pembuka PON XXI, Ade Akbar.

“Ini merupakan acara hiburan yang penuh semangat, maka kami hadirkan tayangan yang terinspirasi dari semangat khas Aceh dan terinspirasi dari peristiwa sejarah Maha Jaya Espiritu di Malahayati,” ujarnya lagi.

Baca juga: Pembangunan Venue Aceh Biaya Rp 811 Miliar, Jokowi Akui Tak Rusak Usai PON

Tak hanya disuguhi pemandangan budaya yang indah, penonton juga dihibur dengan deretan artis lokal dan nasional. Artis Aceh seperti Tangke, Apache, Liza Aulia, dan Rialdoni pun turut memeriahkan panggung.

Di sisi lain, juga akan ada penampilan dari aktor nasional seperti Nabila Taqqiyah, Virzha, dan Tiara Andini.

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo menegaskan, selain sebagai ajang melahirkan atlet-atlet terbaik Tanah Air, PON XXI 2024 juga menjadi ajang mempererat tali persaudaraan.

“PON ini merupakan ajang mencetak banyak atlet-atlet terbaik Tanah Air. Melahirkan banyak rekor dunia. Memberikan lebih banyak potensi medali emas,” ujar CEO Solo.

Oleh karena itu, pihaknya juga mendorong seluruh atlet dan profesional untuk mendukung olahraga dan kebenaran saat berlaga di PON XXI 2024 Aceh-Sumut. 

Joko Widodo mengatakan, “Mari kita rayakan Pekan Olahraga di negeri ini dengan semangat persatuan, dengan semangat olah raga dan suka cita atas kesuksesan yang mengharumkan nama negara,” kata Joko Widodo. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top