Ini Kunci Ganda Terbaik untuk Cegah Curanmor

JAKARTA, virprom.com – Saat parkir di tempat umum, pemilik diimbau selalu waspada dan menerapkan pengamanan tambahan melalui kunci ganda untuk menghindari risiko pencurian kendaraan bermotor.

Tindakan pengamanan tambahan seringkali dipasang pada komponen tertentu seperti rem tangan, peredam kejut, bahkan cakram sepeda motor. Namun opsi manakah yang paling efektif dalam mencegah pencurian?

Menurut sang mekanik, pengaman tipe fork lock alias kunci garpu merupakan kunci ganda yang paling baik dan paling mengurangi resiko. Harganya juga cukup terjangkau, mulai dari sekitar Rp 200.000.

Kepala Bengkel AHASS 88 Tangerang Anto Hananto menjelaskan, kunci garpu dipasang dengan posisi menyilang sekaligus menutupi tiga komponen yakni shockbreaker depan, cakram, dan pelek.

Baca Juga: Motor Listrik Mati Total Setelah Lama, Apa Alasannya?

“Pengunci alur ini ukurannya paling besar dan risikonya paling kecil karena terhubung langsung dengan poros shock depan,” ujarnya kepada virprom.com di Tangerang, Minggu (21/4/2024).

Anto menambahkan bahwa meskipun banyak kunci pengaman lainnya yang dapat mencegah pencurian, namun dapat menyebabkan kerusakan lain atau tetap dapat diretas.

Contoh lain kunci pengaman yang sangat populer adalah kunci cakram yang dipasang pada lubang cakram depan sepeda motor. Meskipun ukurannya kompak, barang ini dikatakan sangat berbahaya.

“Mendorongnya dengan kuat dapat menyebabkan piringan retak atau pecah. “Masih aman, yang penting motornya tidak dicuri, tapi sayang kalau penggeraknya rusak,” ujarnya.

Baca juga: Kamera ETLE Naik, Jumlah Pelanggar Pulang Meningkat

Pilihan pengaman selanjutnya yang tersedia adalah brake lock yang dipasang pada tuas rem agar sepeda motor terkunci secara paksa.

Kunci keamanan terakhir yang tidak umum namun dapat digunakan sebagai pilihan terakhir adalah kunci penghalang. Ia berfungsi seperti kunci cakram dan dipasang di lubang cakram di depan mesin. Dengarkan berita terkini dan pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top