Cara Memanaskan Mesin Mobil Manual dan Matik yang Benar

SOLO, virprom.com – Memahami cara pemanasan mesin mobil dengan transmisi manual dan otomatis penting untuk menjaga kesehatan mesin.

Proses pemanasan mobil tidak hanya sekedar rutinitas biasa, namun juga berguna untuk melindungi komponen mesin dari keausan yang berlebihan.

Iwan, Pemilik Klinik Mobil Iwan Motor Honda mengatakan, saat melakukan pemanasan mobil manual pastikan tuas dalam posisi netral, sedangkan tuas transmisi matic di posisi P dan pasang rem tangan.

Baca juga: Hindari Idle, Ini Waktu Pemanasan Mesin Sepeda Motor

Sebisa mungkin jangan ke N, ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti rem tangan tidak bisa ditahan atau tuas (persneling) matic tidak sengaja terdorong ke D, kata Ivan kepada virprom.com, baru-baru ini.

Apalagi menurut Ivan, pemanasan mobil tidak memerlukan waktu lama, hanya 3-5 menit.

Sebaliknya, Hardy Wibo, pemilik Aha Motor Yogyakarta, mengatakan saat mesin sudah panas tidak perlu dilakukan engkol.

Biarkan saja mesin menyala dengan AC dan lampu mati, itu keadaan paling tepat karena mesin hidup tanpa beban sehingga suhu pengoperasian naik perlahan, kata Hardy.

Hardy menjelaskan, tujuan pemanasan mesin adalah untuk memastikan seluruh sistem mesin dapat beroperasi normal terlebih dahulu, termasuk sistem pelumas yang ada.

Baca Juga: PO Rimba Raya Tambah Bus Wisata Baru, Via Jetbus 5

“Harapannya semua komponen mesin terlumasi dengan baik, saat mobil berjalan. Kalau ada komponen yang masih kering karena terlambat datangnya oli, tapi mobil dikendarai atau digas, maka akan terjadi kerusakan. lebih cepat,” kata Hardy.

Hardy juga mengatakan, saat melakukan pemanasan mesin mobil, pastikan mobil dalam kondisi parkir yang benar dan aktifkan rem parkir, tuas persneling matic harus di posisi P. Dengarkan berita terkini kami dan pilih berita langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top